Sebanyak 373 calon haji asal Jambi tiba di Madinah menggunakan maskapai penerbangan Saudiia Airlines melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Selasa sekira pukul 05.30 waktu Arab Saudi.

Sebanyak 373 calon haji tersebut tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 17 Embarkasi Antara Provinsi Jambi.

Petugas Haji Daerah Kloter 17 Ahmad Syahrizal melalui keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Selasa, mengatakan calon haji Jambi diberangkatkan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada pukul 22.30 WIB.

Pada proses penerbangan ke tanah suci, kata Ahmad, maskapai singgah terlebih dahulu di Bandara Internasional Kualanamu Medan untuk mengisi bahan bakar. Selanjutnya, jamaah Kloter 17 kembali diberangkatkan menuju Madinah.

Dia menceritakan, dalam perjalanan penerbangan ke Madinah para jamaah haji diberi makanan sebanyak dua kali. Selain itu, para jamaah juga diberi konsumsi berupa bungkusan makanan sebanyak 1 kali untuk sarapan.

“Alhamdulillah, kami sampai di Madinah sekitar pukul 05.30 waktu setempat," katanya .

Dia kembali menceritakan, selama di perjalanan penerbangan keadaan seluruh jamaah baik saja, tidak ada yang mengeluhkan sakit.

Sementara itu sebelumnya terdapat jamaah haji Embarkasi Antara Jambi dari Kloter 17 asal daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat tertunda keberangkatannya, karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk berangkat terbang bersamaan dengan anggota kloter 17 lainnya.

Jamaah yang tertunda keberangkatannya tersebut atas nama Muluk Tukijan bin Abdullah usia 72 tahun.

Secara umum kondisi kesehatan jamaah baik semuanya. Rata-rata keluhan kesehatan yang disampaikan saat pemeriksaan kesehatan adalah sakit karena usia yang lanjut seperti sesak napas maupun kelelahan.

Untuk jamaah Kloter 17 yang tertunda berangkat ini akan digabungkan dengan jamaah dari Kloter 18 yang dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi dari Bandara Hang Nadim Batam pada Rabu dinihari.*

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023