Permintaan hewan kurban di Jambi mulai meningkat menjelang Hari Idul Adha 1444 Hijriah/2023 bahkan pemesanan hewan kurban jenis kambing sudah dimulai sejak bulan lalu.

Salah satu peternakan kambing di Jambi Mat Beken juga mulai menerima pesanan kambing untuk kurban. Salah satu pengelola peternakan kambing Mat Beken, Adi di Jambi, Selasa, mengatakan bahwa permintaan kambing untuk kebutuhan kurban sudah mulai sebulan terakhir dan hingga saat ini tercatat sebanyak 23 ekor kambing yang terjual dan pemesanan kambing sebanyak lima ekor.

Untuk jenis kambing yang dijual yaitu jenis rambon, kacang, Peranakan Etawa (PE) dan paling laku itu jenis rambon dan untuk saat ini menyediakan 250 ekor kambing.Untuk kambing kurban harganya kisaran dari Rp2,9 sampai Rp8 juta dan dari ukurannya untuk kambing yang siap dijual biasanya kisaran umur 1,5 tahun dengan berat berkisar 25 kilogram dijual dengan harga Rp3,1 juta.

Untuk pakan ternak, pengelola Mat Beken menjamin makanan dan nutrisi bagi hewan kurban yang dijual, hewan ternak diberi makan sehari tiga kali dan dipastikan kebersihannya dengan dimandikan setiap hari dan untuk memenuhi permintaan masyarakat Jambi, dalam sepekan peternakan ini mendatangkan 60 hingga 70 ekor kambing dari Lampung dan Palembang.

Pada tahun ini, kata dia diperkirakan kebutuhan hewan kurban lebih kurang sama dengan tahun sebelumnya dimana peternakan ini mampu menjual 400 ekor kambing saat perayaan Idul Adha 2022. Peternakan Mat Beken yang beralamat di Jalan Taruma Negara RT 13, Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Jambi Timur juga menjamin kesehatan hewan ternak dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kami jamin semua hewan ternak disini sehat bebas PMK karena sudah divaksin," katanya.

Selain itu sebelum dijual seluruh hewan ternak juga telah melalui proses pengamatan ciri-ciri fisik hewan sehat dan layak dikonsumsi seperti tidak cacat, tidak pincang, lalu pada mulut, hidung dan anusnya tidak mengeluarkan cairan yang berlebihan.


 

Pewarta: Gusti Fitra Ramadhan

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023