Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batanghari melakukan pemantauan ketersediaan hewan ternak yang akan dijadikan sebagai hewan qurban.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari Mara Mulya Pane di Muara Bulian, Rabu, mengatakan pemkab akan lakukan pemantauan untuk ketersediaan hewan qurban di daerahnya dan pihaknya telah melaksanakan rapat guna memantau ketersediaan ternak yang akan dijadikan sebagai hewan qurban pada perayaan hari Raya Idul Adha 1444 H tahun 2023.

Pemantauan hewan ternak yang akan dijadikan qurban akan dilakukan intensifkan yakni di dua minggu menjelang perayaan hari raya Idul Adha. Untuk itu nantinya tim dari Disbunak juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan ternak yang akan dikomandoi oleh dokter hewan setempat.

Tidak hanya itu, Disbunak Kabupaten Batanghari juga akan memberikan lebel atau tanda bagi hewan ternak yang telah dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Disbunak. Bagi ternak yang telah dipotong nantinya juga akan dilakukan periksaan agar masyarakat dapat mengkonsumsi hewan yang betul-betul sehat.

Sementara itu, sebagian besar masyarakat yang akan dijadikan hewan qurban nantinya akan membeli dengan para pedagang dari luar daerah dan ada juga dari peternak yang ada di lingkungan Kabupaten Batanghari.

Ia juga akan mendatangi pedagang dan para peternak sapi yang telah dipesan oleh masyarakat untuk digunakan sebagai hewan qurban mendatang.

 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023