Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari saat ini mempunyai stok ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik  (e-KTP) sebanyak 3.500 blangko.

Saat ini, antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengurus data kependudukan administrasi karena setiap hari pihaknya melayani pencetakan e-KTP antara 100 hingga 200 KTP.

"Setelah kita cek karena setiap hari penggunaan blangko tinggi, Kami juga melihat antusias masyarakat tinggi. Dan kemarin datang dari Jakarta sekitar 3.500 blangko untuk Kabupaten Batanghari," kata Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari, Reflizer di Muara Bulian.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Batanghari ada sebanyak 5.664 pemilih pemula menurut Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Dengan rincian laki-laki ada 2.935 orang dan perempuan 2.729 orang.

Dengan adanya peningkatan kebutuhan tersebut, pihaknya mengutamakan pencetakan KTP bagi masyarakat yang baru memasuki usia 17 tahun.

Dan juga, ia menghimbau bagi masyarakat yang sudah memasuki umur 17 tahun dan yang belum mempunyai KTP segera lakukan perekaman KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari.

Sementara itu, KTP juga berfungsi sebagai syarat layanan publik hingga program pemerintah, KTP diperlukan untuk berbagai layanan, baik mengajukan pernikahan, perceraian, membeli tanah, rumah, mengurus surat kehilangan, mengurus surat kematian, hingga mendaftar CPNS atau calon anggota TNI/Polri.

Tak hanya itu, KTP juga sebagai syarat untuk bantuan sosial, jaminan sosial, perbankan, asuransi, hingga kepemilikan aset berharga.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023