Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari melakukan pelayanan ke setiap desa-desa setempat untuk memudahkan warga dalam mengurus data administrasi seperti Kartu Keluarga (KK), perekaman E-KTP, AKTE dan Kartu Identitas Anak (KIA), Jumat.

"Program ini sesuai dengan perintah Bupati Batanghari, agar masyarakat lebih mudah mengurus data administrasi," kata Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari Reflizer di Muara Bulian.

Sedangkan, untuk pelayanan di desa-desa ini petugas Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari langsung turun datang dengan mobil pelayanan di hari Senin hingga Kamis.

Untuk pelayanan yang disediakan seperti perekaman e-KTP, cetak e-KTP, perbaikan Kartu Keluarga, pembuatan Kartu Keluarga dan akte.

"Proses pembuatan data administrasi itu biasanya sehari udah selesai, jika masyarakat membawa syarat-syarat yang lengkap," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan melayani masyarakat yang sakit untuk mengurus data administrasi kependudukan seperti Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ)  dan masyarakat yang sakit stroke. 

"Hal tersebut sangat diperlukan setiap masyarakat, karena jika kita tidak mempunyai data administrasi penduduk maka akan sulit kita melakukan setiap urusan," tutupnya.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023