Mahasiswa Universitas Negeri Islam (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam Program Study of the United States Institutes (SUSI) for Student Leaders yang diberangkatkan ke Amerika Serikat.
 
Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Prof Suaidi di Jambi, Minggu, mengatakan pihak kampus siap mendorong mahasiswa UIN STS Jambi untuk terus melebarkan sayap dalam berbagai bidang, baik tingkat nasional maupun internasional.
 
Adapun mahasiswa UIN Jambi yang menjadi salah satu wakil Indonesia dalam program SUSI itu adalah Bobby Indrawan mahasiswa Prodi Akuntasi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
 
Bobby berhasil lolos menjadi salah satu yang mewakili Indonesia dalam seleksi dalam Program SUSI for Student Leaders.  Suaidi juga berharap hal itu menjadi pintu masuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri setelah menyelesaikan pendidikan di UIN STS Jambi.
 
Ia berpesan untuk memaksimalkan apa yang bisa dilakukan, sharing dengan teman, diskusi dengan dosen, lalu upayakan berhubungan baik sehingga bisa menjadi jembatan untuk kemana saja. Selanjutnya, kata dia, setelah kembali ke Indonesia agar bisa membagi pengalaman yang didapat selama mengikuti program ini.
 
Sebagai perwakilan dari Indonesia Bobby akan ditempatkan di University of Nevada untuk program perubahan iklim dan lingkungan. Peserta juga akan mengeksplorasi pembangunan berkelanjutan, energi bersih, konservasi, keadilan lingkungan, perlindungan laut, polusi, dampak ekonomi, kesehatan masyarakat, dan dampak perubahan iklim.
 
Selain kuliah berbasis kelas dan kegiatan pembelajaran tentang sains di balik perubahan iklim, para peserta akan terlibat dengan pejabat pemerintah, organisasi nirlaba, dan bisnis, untuk mempelajari bagaimana masing-masing sektor bekerja secara individu dan bersama-sama untuk mengatasi risiko iklim yang unik di Negara Bagian Nevada.
 
Mahasiswa UIN STS Jambi ini berhasil lolos mewakili Indonesia setelah melalui serangkaian proses seleksi yang berlangsung sejak akhir tahun lalu. Ia berhasil mengalahkan 60 peserta lainnya pada seleksi tingkat universitas hingga tahap wawancara dengan pihak Kedubes AS.
 
Suaidi mengatakan Bobby telah berangkat ke Amerika bersama empat peserta lainnya dari Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
 
SUSI for Student Leaders adalah program akademik lima hingga enam minggu yang dirancang bagi mahasiswa strata satu calon pemimpin masa depan untuk meningkatkan pemahaman tentang Amerika Serikat dan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka.
 
Selama di Amerika para peserta akan bergabung dengan delegasi dari berbagai negara seperti Nigeria, Tunisia, dan India.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023