PT Wira Karya Sakti (WKS), anak perusahaan Sinar Mas, ikut mengerahkan dua unit helikopter water bombing untuk membantu Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memadamkan api yang membakar lahan dan hutan di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi.

"Selain menurunkan dua unit helikopter-nya, WKS juga menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam memadamkan api yang melahap lahan semak belukar dan perkebunan sawit di Jambi," kata Fire Operation Management (FOM) PT WKS Destian Nori di Jambi, Kamis.

Kedua helikopter itu dikerahkan membantu pemadaman lewat udara untuk kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Di wilayah tersebut, api telah melahap lahan semak belukar dan lahan sawit milik perusahaan dan perorangan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjab Barat Zulfikri mengatakan saat ini tengah dilakukan pemadaman melalui water bombing dengan menggunakan helikopter dari PT WKS Jenis Mi-171i PK-BST sebanyak 18 sorti dan pendinginan oleh tim darat.

Kebakaran tersebut berada di koordinat S:-1.12248, E:103.37970, dengan kondisi angin cukup kencang, yang membuat api bisa membara dan membakar lahan yang kering. Selain itu, lahan di sekitar lokasi juga merupakan lahan gambut yang mudah terbakar.

"Api sudah bisa kita kendalikan dan mudah-mudahan segera selesai proses pendinginan yang kemudian untuk saat ini masih dilakukan pengecekan luasan lahan yang terbakar," kata Zulfikri.

Dia juga menyebutkan dalam pemadaman itu dikerahkan dua unit helikopter, Mi-171i dan Bell 412 EP milik PT WKS, karena luasan yang terbakar di estimasi mencapai 5 hektare dengan titik api tersebar di beberapa lahan.

Selain bantuan udara juga dikerahkan tim darat bersama Satgas Karhutla Kabupaten Tanjabbar untuk melokalisir sebaran api.

Baca juga: BPBD Jambi padamkan lahan terbakar milik warga dan perusahaan

Baca juga: Tim Satgas patroli bersama cegah Karhutla di Jambi

Baca juga: Wabup pimpin upacara pencegahan dan kesiapsiagaan karhutla



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023