Djarum Foundation bersama Pemerintah provinsi Jambi menggandeng ratusan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan gerakan bakti lingkungan dengan melakukan penanaman 11.920 pohon di kawasan Candi Kedaton yang merupakan masuk dalam Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Candi Muaro Jambi di Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi merupakan pulau pertama di Sumatera yang disasar Djarum Foundation dalam melaksanan kegiatan 'Siap Sadar Lingkungan' (Darling) yang dihadiri langsung Gubernur Jambi Al Haris, Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta dan Program Director Bakti Lingkungan Djarum Foundation FX Supanji di kawasan candi Kedaton, Rabu.

Selain mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Jambi, Djarum Foundation juga menggandeng Pemda Provinsi Jambi untuk turut berkontribusi dalam kegiatan ini dan stakeholder lainya.

Program Director Bakti Lingkungan Djarum Foundation FX Supanji menyebutkan dirinya tidak menyangka bahwa kegiatan yang mereka lakukan hari ini sangat luar biasa dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Jambi.

"Saya tidak menyangka seperti ini, saya pikir ini acara kecil dari ini semua nantikan yang ikut dalam kegiatan akan penularan, bahwa situs ini sangat berharga dan ini butuh sentuhan lingkungan karena tanpa lingkungan yang baik tidak mungkin ini kawasan ini terlihat menarik," katanya.

Djarum Foundation memiliki lima kegiatan bakti sosial salah satunya yaitu kegiatan yang dilakukan pada hari ini yakni Daring Candi Kedaton.

Sementara itu Gubernur Jambi Al Haris menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Djarum Foundation ini dan yang pasti candi ini perlu kita rawat, dengan menambah pohon-pohon, kemudian memberikan pemahaman kepada anak muda terutama mahasiswa bagaimana mereka bisa menjaga lingkungan dan tidak ikut membiarkan pohon ditebang liar oleh masyarakat.

Menurut gubernur kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan kampanye peduli lingkungan yang luar biasa namun di sisi lain mengakui bahwa di cagar budaya Candi Muaro Jambi ini belum banyak langkah-langkah perubahan dan mudah-mudahan dengan adanya acara ini, semakin kita kembangkan candi ini dan ke depan tentu akan menjadikan warisan dunia.

Sementara itu Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah V Provinsi Jambi dan Bangka Belitung Agus Widiatmoko menuturkan sejak tahun 2020 sampai 2021 pihaknya terus akan merevitalisasi candi Muaro Jambi ini, selain itu dirinya mengaku senang atas terpilihnya candi Muaro Jambi ini sebagai lokasi yang menjadi tempat kegiatan dari pengijauan dari Djarum Foundation dan ia juga mengajak semua masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada.

 

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023