Pemerintah Kabupaten Batanghari terus memastikan keadaan polusi udara di daerah setempat dengan cara mengetahui Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

Untuk melakukan pemantauan polusi udara dilakuikan pada lima wilayah atau kecamatan yang dijadikan sasaran untuk pengambilan sampel uji dan empat diantaranya sudah mendapatkan hasil dan dari hasil rekap data ISPU tersebut, ada dua Kecamatan dalam kategori tidak sehat untuk udaranya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Lingkungan Kabupaten Batanghari Meirina di Muara Bulian, Selasa mengatakan dalam pemasangan alat pengujian kualitas udara indeks standar pencemaran udara ada lima Kecamatan yang dijadikan sampel yakni Muara Bulian, Pemayung, Bajubang, Maro Sebo Ulu (MSU) dan Batin XXIV.

"Akan tetapi, empat daerah diantaranya sudah mendapatkan hasil dan di Kecamatan Batin XXIV baru dilakukan uji dan dari hasil tersebut Kecamatan Muara Bulian dan Kecamatan Bajubang udaranya dalam kategori tidak sehat dari indeks ISPU yang didapat kemarin, Kecamatan Bajubang tingkat ISPU nya sangat tinggi dengan nilai 110,2, jika dibandingkan dengan kecamatan lainnya," ujarnya.

Dengan demikian masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan menggunakan masker jika berpergian keluar rumah.


 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023