Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siap memasang pembangkit listrik tenaga surya atap pada rumah warga untuk mempercepat implementasi pemanfaatan energi terbarukan.

"Kami berupaya meningkatkan akses energi ramah lingkungan bagi rumah tangga melalui program Bantuan Konsumsi Energi Terbarukan Dalam Rumah Tangga (BOENDA)," kata Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Jambi Pandu Hartadinata di Jambi, Kamis.

Lokasi pemasangan PLTS ini berada di Kota Jambi, yang dianggap tepat sebagai lokasi percontohan karena paling mudah diakses. Setidaknya ada dua unit rumah warga yang terpilih.

Pandu menegaskan program Boenda yang dijalankan pada 2023 ini bukan saja sekedar transisi energi melainkan upaya peningkatan ekonomi masyarakat, rumah tangga dan UMKM.

Diharapkan program ini menjadi pembuka agar dapat dijalankan program lain dengan skala lebih besar pada masa mendatang.

Adapun PLTS Atap yang siap dipasang dua rumah tangga, pertama untuk untuk kebutuhan rumah tangga pribadi dan kedua diberikan kepada rumah tangga produktif atau UMKM

Program Boenda merupakan program yang dirancang untuk memberikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang ditujukan bagi rumah tangga. Program ini terintegrasi dengan peningkatan ekonomi masyarakat dan program pengentasan kemiskinan melalui pemanfaatan energi baru terbarukan.

Ia menjelaskan besarnya potensi energi Surya di Jambi serta kemudahan dalam proses instalasi dan fleksibilitas kapasitas pemasangan menjadi landasan Dinas ESDM Jambi memanfaatkan PLTS Atap sebagai bantuan terintegrasi untuk masyarakat.

Diharapkan bantuan ini menjadi stimulan bagi pengentasan kemiskinan dan peningkatan perekonomian rumah tangga dan UMKM.

Implementasi program Boenda juga diharapkan menjadi salah satu pendukung pencapaian target porsi energi baru terbarukan dalam bauran energi daerah sebagaimana termuat dalam Peraturan Daerah Provinsi Jambi Tahun 2019 Tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Tahun 2019-2050.




 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023