Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memprediksi fenomena El Nino akan terjadi sampai Desember 2023, namun pada Oktober fenomena tersebut akan melemah.

Kepala BMKG Provinsi Jambi Ibnu Sulistyo di Jambi, Sabtu mengatakan bahwa fenomena El Nino di Provinsi Jambi masih akan terus terjadi hingga Desember 2023. Pada fenomena ini, suhu di Jambi akan terasa lebih panas karena adanya peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik.

Meski demikian, BMKG Provinsi Jambi memprediksi, fenomena El Nino akan melemah pada Oktober dan November mendatang, hal itu dikenakan dalam dua bulan tersebut angin munson mulai muncul di Provinsi Jambi yang menyebabkan timbulnya awan-awan hujan.

“Jadi kemungkinan besar, awal musim hujan di Provinsi Jambi akan terjadi pada awal Oktober dan hal tersebut mempengaruhi atau mengurangi panas di Provinsi Jambi,” kata Ibnu.

Kemudian BMKG juga akan memprediksi pada Desember 2023 mendatang fenomena el nino, akan kembali meningkat dan el nino kembali menurun pada awal Januari 2024.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023