Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi memberikan bantuan pertanian bagi kelompok tani holtikultura berupa peralatan mesin, bibit, pupuk dan sarana lainnya mendorong keberlanjutan budidaya tanaman pangan khususnya cabai di daerah tersebut.

"Saya menghimbau ke para petani cabai khususnya untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam budidaya cabai, mengingat agroklimat wilayah yang potensi akan budidaya cabai merah," kata Penjabat Bupati Kabupaten Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah saat panen cabai di Desa Talang Kerinci, Muaro Jambi, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemkab Muaro Jambi memberikan bantuan sarana prasarana pertanian holtikultura ke petani setempat melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Dia juga menghimbau ke petani holtikultura setempat untuk tidak mengalihfungsikan lahan tanaman pangan dan hortikultura menjadi sektor lain.

Mengingat bahwa tanaman holtikultura memberikan pengaruh yang yang terhadap dinamika perekonomian daerah hingga nasional. Salah satu tanaman pangan holtikultura yang menjadi unggulan nasional tersebut adalah cabai.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan ke masyarakat yang ingin membuka lahan pertanian untuk tidak melakukannya dengan cara membakar lahan. Langkah seperti itu  dapat merugikan banyak pihak salah satunya menyebabkan kebakaran lahan yang tidak diinginkan.

“Kepada para petani untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara melalui pembakaran lahan," katanya menambahkan.

Sementara itu Asisten I Pemerintah Provinsi Jambi, Arief Munandar mengatakan salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Provinsi Jambi beberapa waktu yang lalu yakni cabai. Oleh karena itu Pemprov Jambi dan Pemkab Muaro Jambi meminta para petani untuk berkelanjutan menanam cabai.

Melalui gerakan menanam cabai yang digelorakan pemerintah saat ini memberikan dampak untuk kestabilan harga cabai di pasaran.

Selain itu, dengan banyaknya perkebunan cabai dapat memenuhi kebutuhan cabai di daerah penghasil dan mensuplai untuk kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Jambi.

"Lahan kita luas dan sangat mungkin untuk ditanam hortikultura. Dalam hal ini pemerintah siap untuk membantu," katanya.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023