PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (PT LPPPI) bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggelar pelatihan urus jenazah di Kecamatan Tebing Tinggi, 11-12 Oktober 2023.

Pelatihan ini dihadiri Ketua Umum Majelis Ulama Tanjung Jabung Barat Prof Ahmad Syukri Saleh, Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Tanjung Jabung Barat KH. Zakaria Ansori, Sekretaris Majelis Ulama Tanjung Jabung Barat Mahputriono dan Dewan Penasehat MUI Kecamatan Tungkal Ilir Ismail Mahdhari.

Peserta pelatihan adalah masyarakat dari Kelurahan Tebing Tinggi, Desa Teluk Pengkah, Kelagian, Talang Makmur, Adi Jaya, Suka Damai, Purwodadi, Sungai Keruh dan Desa Delima.

Pelatihan pada hari pertama diisi dengan informasi dan regulasi dari Majelis Ulama Indonesia tentang pengurusan jenazah, topik tentang sakit dan kematian dan teori penyelenggaraan jenazah yang disampaikan oleh MUI Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sedangkan pada hari kedua diisi dengn praktik memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan jenazah yang disampaikan oleh Ust Abdurahman dan Ust Ahmad, tokoh agama dan imam masjid di Kecamatan Tebing Tinggi. 

Camat Tebing Tinggi Muhammad Ardiansyah berterima kasih kepada PT LPPPI yang menyelenggarakan pelatihan tersebut karena pengetahuan pengurusan jenazah sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah, yang mana di wilayah kelurahan Tebing Tinggi telah dianggarkan insentif untuk pengurusan jenazah.

Public Affair Head PT LPPPI Hermawan DBS mengatakan topik pelatihan ini dipilih karena mengamati kebutuhan masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi. Perusahaan menilai pelatihan seperti ini relatif jarang diperoleh warga.

“Kami berharap pelatihan yang diadakan ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi,” kata dia.

Salah seorang peserta Rudi yang juga Kepala Dusun Talang Harapan, Desa Talang Makmur mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena saat ada warga yang meninggal maka sepatutnya pengurusan jasad dilakukan dengan cepat.

Oleh karena itu, pengetahuan yang disampaikan para narasumber dalam pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat.

“Kami berterima kasih ke PT LPPPI yang peduli pada kebutuhan masyarakat dengan menggelar pelatihan ini,” kata dia.
 

Pewarta: Pewarta ANTARA

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023