Kepolisian Daerah Jambi melakukan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di pesisir Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kasubid Penmas Humas Polda Jambi Kompol Mas Edy di Jambi, Jumat, mengatakan penanaman pohon mangrove ini dilakukan di pinggiran sungai Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur.

"Hari ini kami turun bersama untuk melakukan penanaman pohon mangrove di pinggiran sungai (Pelindo) yang ada di Sabak Barat. Dengan adanya penanaman pohon ini tentunya diharapkan bisa membantu menjaga kelestarian alam," kata Edy.

Edy menyebutkan terdapat 1.000  lebih bibit pohon yang ditanaman hari ini di kawasan Tanjab Timur, bermacam-macam bibit pohon terdiri dari mangrove, tanaman buah yang disebar dan ditanam oleh personel Polsek dan jajaran Polda Jambi secara bersamaan. 

Langkah ini, kata Edy, menunjukkan komitmen Polri melaksanakan penghijauan dengan dilakukannya penanaman pohon.

Dia  berharap beberapa waktu ke depan tumbuhnya pohon-pohon di tepian sungai ini dirasakan manfaatnya oleh generasi selanjutnya.

Dipilihnya penanaman mangrove ini tentunya mengingat tanaman mangrove dapat menahan abrasi di pinggiran sungai dan akar mangrove sangat kuat dan tahan terhadap ombak sehingga pinggiran sungai tidak mudah terkikis. 

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa menjaga ekosistem di pantai, dan bisa diikuti oleh masyarakat dan keberlangsungan kelestarian alam tetap terjaga.

Penanaman pohon ini bukan kali pertama dilakukan oleh Polda Jambi, beberapa waktu lalu Polda Jambi bersama Polres jajaran juga melakukan penanaman pohon di seluruh kabupaten kota di Provinsi Jambi.

Di Kota Jambi saat itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono memimpin penanaman pohon di kawasan wisata Danau Sipin Kota Jambi.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilaksanakan dalam rangka HUT Humas Polri ke-72 tahun.





 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023