Museum Perjuangan Rakyat Jambi menggelar pameran foto perjuangan pahlawan Jambi melawan penjajahan untuk mendorong pelajar hingga mahasiswa mengingat nilai luhur dari perjuangan dari pahlawan.

Pameran foto perjuangan pahlawan
Jambi itu digelar selama empat hari sejak 14 hingga 18 November 2023 terbuka untuk umum dan para pelajar, kata Kepala Satuan Kerja (Satker) Museum Perjuangan Rakyat Jambi Meli Zarni di Jambi Jumat.

Kegiatan pameran foto ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengingatkan kepada masyarakat khususnya para pelajar hingga mahasiswa tentang sejarah Jambi tempo dulu.

"Ini pameran potret jambi tempo dulu jadi dalam menyambut hari pahlawan untuk menanamkan nilai perjuangan dan semangat nasionalisme maka kami mengadakan pameran temporer dan kegiatan kreatifitas siswa” kata Meli.

Selain pameran foto juga digelar kegiatan kreativitas siswa untuk menambahkan kegiatan kreatifitas dengan kegiatan fashion show untuk tingkat Paud dan TK, lomba band tingkat SLTA, lomba bertutur untuk Guru SD se Kota Jambi.

Sementara itu untuk koleksi yang disimpan di museum ini berjumlah sekitar lima ratus koleksi, terdiri dari
benda bersejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan dari Jambi.

Koleksi benda bersejarah ini salah satunya berasal dari hibah dari Komando Resor Militer 042/Garuda Putih.

Sedangkan data pengunjung ke Museum Perjuangan Rakyat Jambi yang datang ke Museum pada Oktober 2023 berjumlah 2.035 orang telah melebihi target yang ditetapkan.

Meli juga mengatakan bahwa target tahun ini sebesar 12.000 pengunjung dimana strateginya dengan melakukan sosialisasi ke kabupaten untuk mempromosikan dan mengundang masyarakat untuk datang ke museum.
 

Pewarta: Abdul Aziz Hidayatullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023