Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mengejar penyelesaian perekaman KTP Elektronik bagi calon pemilih pemula di daerah setempat.

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari Reflizer di Jambi, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya sudah menjadwalkan untuk perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula dengan mendatangi langsung mereka ke sekolah-sekolah, baik SMA, SMK, SMA dan pondok pesantren di daerah tersebut.

"Semua sekolah akan kami kunjungi untuk mempermudah pelajar yang masuk daftar pemilih pemula melakukan perekaman KTP," kata dia

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum ( KTP) Kabupaten Batanghari terdapat 5.664 pemilih pemula yang masuk Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (Dp4). 

Dari data tersebut terinci sebanyak 2.935 orang pemilih pemula berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 2.729 orang pemilih pemula berjenis kelamin perempuan.

Dari total jumlah pemilih pemula itu, terdapat lebih kurang 1.600 orang yang belum melakukan perekaman data.

Untuk itu, Dukcapil Batanghari mempersiapkan proses jemput bola perekaman data ke sekolah-sekolah di daerah itu.

Ia mengatakan pihaknya akan mengejar penyelesaian perekaman e-KTP bagi pemilih pada Desember atau selambat-lambatnya Januari 2024.

Ia menegaskan agar seluruh pelajar yang masuk daftar calon pemilih pemula untuk memanfaatkan kesempatan ini. Pada program perekaman data KTP itu pihaknya juga siap mensosialisasikan penggunaan  identitas kependudukan digital (IKD).

Mengingat bahwa penerapan IKD akan lebih mudah dilakukan oleh para pemilih pemula yang masuk kategori penduduk generasi Z yang terbiasa dengan digitalisasi.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023