Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), menargetkan pengerjaan 11 ruas jalan sepanjang 30 km di wilayahnya dapat selesai sebelum akhir 2023.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Batanghari Ajrisa Windra di Jambi, Selasa, menjelaskan bahwa 11 kegiatan pengerjaan dan pembangunan tersebut merupakan jalan dengan status milik kabupaten.

Dinas PUTR Batanghari mencatat terdapat 193 ruas berstatus jalan kabupaten dengan total panjang mencapai 1.011 kilometer.

"Ini 11 titik lokasi yang diperbaiki sepanjang 30 kilometernya," kata dia.

Ajrisa mengatakan untuk pembangunan jalan sepanjang 30 kilometer itu, Pemkab Batanghari menganggarkan dana sebesar Rp100 miliar.

Menurut dia, beberapa titik lokasi pembangunan sudah selesai 100 persen, sedangkan selebihnya masih dalam proses penyelesaian.

"Progres pengerjaan sudah ada yang 100 persen, beberapa sudah 80 persen, kami optimistis akhir Desember selesai semua," katanya menambahkan.

Ia mengatakan bahwa dinas terkait berupaya untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk percepatan pembangunan jalan kabupaten.

Ia mengatakan saat ini kondisi jalan status kabupaten masih perlu ditingkatkan, sebab terdata baru 40 persen jalan kabupaten dengan kondisi layak.

"Masih di bawah 50 persen untuk jalan status daerah, harusnya minimal 50 persen, dengan DAK nanti, kita kejar perbaikan jalan keseluruhan," katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023