Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jambi Inspektur Jenderal Polisi Rusdi Hartono menjamin proses penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2024 bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Saya menjamin proses penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) di Polda Jambi tidak dipungut biaya dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Jambi, Selasa.

Kapolda Jambi juga menjamin sistem penerimaan anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel, humanis, sehingga nantinya di akhir proses seleksi akan didapatkan calon anggota Polri yang unggul dan berkualitas.

Komitmen itu dipertegas melalui penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah penerimaan siswa SIPSS tahun 2024 panitia daerah Polda Jambi yang diikuti ketua tim tahapan seleksi, tim pengawas internal dan eksternal serta orangtua atau wali dan peserta seleksi.

"Komitmen itu untuk mencapai visi dan misi Polri untuk mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya serta prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi)," katanya.

Penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana merupakan penerimaan anggota Polri untuk menjadi perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) bagi lulusan sarjana.

Pada tahun 2024, Polri menerima sebanyak 100 orang siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) yang akan mengikuti pendidikan pembentukan di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Sistem penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024 dilaksanakan melalui beberapa tahapan pemeriksaan dan pengujian di tingkat daerah dan di tingkat pusat dengan menggunakan sistem gugur dan pemetaan yang dalam pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh tim pengawas internal dan eksternal.

Rusdi juga mengingatkan kepada orangtua dan peserta agar tidak percaya dengan janji oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab menjanjikan kelulusan dengan imbalan.

Dia berpesan kepada peserta seleksi siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana untuk yakin dengan kemampuan diri sendiri dan berkompetisi secara sehat dengan senantiasa menjunjung tinggi sportivitas.

Rusdi meyakini setiap calon siswa yang memiliki kompetensi tidak akan pernah takut dengan kompetisi.

"Apabila memiliki kompetensi jangan takut berkompetisi," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024