Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono menegaskan pentingnya manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif dalam mewujudkan pemilu yang aman.

"Polri bertanggungjawab untuk mengawal menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 agar terlaksana dengan aman dan terlaksana melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Jambi, Kamis.

Rusdi mengingatkan seluruh anggota polisi untuk selalu mengamati perkembangan situasi menjelang pemilu legislatif dan presiden dan wakil presiden.

Rusdi menegaskan bahwa personel menghadapi berbagai tantangan tugas dalam pengamanan Pemilu 2024.

Personel Polda Jambi harus siap mengawal dan mengamankan setiap tahapan pemilu serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif guna memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta pemilu serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Dalam kesempatan itu, dia menyebutkan beberapa pedoman yang harus menjadi acuan bagi personel dalam pengamanan pemilu meliputi kesiapan mental dan fisik.

Semuanya dilandasi dengan komitmen dan disiplin yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, sahabat dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang jujur dan adil serta transparan.

Selain itu, kata dia, seluruh aparat harus menjaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilu.

Ia mengingatkan bahwa pelaksanaan pemilu merupakan wujud partisipasi seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara dan sarana demokrasi untuk menyampaikan dan menyalurkan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem negara yang berkedaulatan rakyat.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024