Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Jambi, menyusun langkah antisipasi dampak cuaca buruk saat Pemilu 2024 di daerah tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Merangin Mukti di Jambi, Jumat, mengatakan secara geografis wilayah Kabupaten Merangin tercatat sebagai daerah yang rawan terjadi longsor dan banjir, apalagi saat ini intensitas hujan masih sangat tinggi.

Melalui berbagai kemungkinan kendala cuaca yang bisa terjadi itu, Pj Bupati meminta agar para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyediakan kendaraan gardan ganda, perahu karet, alat berat, ambulans beserta tim medis, dan kendaraan roda dua jenis trail.

‘’Sedini mungkin harus siapkan berbagai fasilitas penunjang pemilu itu. Terkait wilayah yang rawan longsor, siapkan alat berat, wilayah yang rawan banjir siapkan perahu karet,’’ pinta Mukti.

Untuk wilayah yang sulit dijangkau karena medannya terlalu berat, kata dia, perlu disiapkan kendaraan roda dua jenis trail. Intinya, Mukti menjelaskan bahwa kelengkapan fasilitas ini untuk menunjang kelancaran Pemilu 2024.

Mukti menegaskan untuk memastikan kesiapan fasilitas itu perlu dilakukan koordinasi antara pihak terkait. Pemkab Merangin juga memastikan penguatan koordinasi dengan TNI, Polri, kepala OPD, KPU, Bawaslu, hingga PLN.

Sebelumnya Mukti juga meminta kepada setiap OPD membantu proses pendistribusian logistik Pemilu 2024, terutama ke daerah terisolir.

"Kami ingin pendistribusian logistik Pemilu 2024 ini lancar dan tuntas sampai ke tujuan tepat waktu, sehingga Pemilu 2024 bisa dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Merangin,’’ katanya.

Mukti mengingatkan kepala OPD untuk ikut memastikan kelancaran pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024