Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi menilai penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) memperkuat upaya pengendalian inflasi karena kenaikan harga beras.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Robby Fathir di Jambi, Jumat, mengatakan dengan penyaluran bantuan pangan CBP di Provinsi Jambi dapat menjaga ketersediaan pasokan beras untuk masyarakat.

Selain itu, menurut dia, dengan adanya bantuan CBP ini menjaga daya beli masyarakat terjaga untuk produk beras.

"Dari sisi keterjangkauan harganya juga, membuat harga beras lebih terjangkau," jelas dia.

Bantuan pangan CBP ini juga dinilai menjaga ekspektasi masyarakat terhadap harga beras di pasaran sehingga penyaluran bantuan dinilai memberikan pengaruh yang signifikan mengingat konsumsi beras di masyarakat sangat tinggi.
 

Robby menjelaskan dengan tersalurkannya beras medium pada program CBP ini juga dapat mempengaruhi harga beras premium di pasaran karena terpenuhinya kebutuhan beras medium untuk masyarakat.

"Kebutuhan beras medium masyarakat terpenuhi sehingga harga beras premium stabil mengikuti mekanisme pasar jadi tidak terus terusan naik," kata dia.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi melaporkan bahwa beras menjadi komoditas pendorong inflasi secara year on year di daerah itu pada Januari 2024 sehingga masih perlu upaya menjaga agar kenaikan harga beras tidak terlalu tinggi.

Kepala BPS Provinsi Jambi Agus Sudibyo mengatakan beras memiliki andil inflasi sebesar 0,65 persen (yoy) pada Januari 2024.

"Beras komoditas yang harus dijaga supaya kenaikan tidak tinggi karena memberikan andil terbesar untuk inflasi," kata dia.

Inflasi di Provinsi Jambi pada Januari 2024 dibandingkan Januari 2023 sebesar 2,99 persen dan inflasi tahun kalender (Januari 2024 dibanding Desember 2023) sebesar 0,83 persen.

Adapun alokasi penyaluran Bantuan Pangan tahun 2024 untuk Provinsi Jambi yakni bagi 204.458 penerima bantuan pangan, di mana di Kota Jambi disalurkan bagi 27.283 penerima. Untuk menunjang program tersebut, ketersediaan CBP pada Perum Bulog Provinsi Jambi masih terjaga pada tingkat yang aman.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI Jambi nilai bantuan CBP perkuat pengendalian inflasi

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024