Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menjamin kemudahan akses menuju tempat pemungutan suara (TPS) terutama di daerah rawan banjir, guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 14 Februari 2024.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Rabu, menginstruksikan agar camat dan lurah berperan aktif mengantisipasi keadaan yang dapat menyebabkan terganggunya proses pemungutan suara pada pemilu.

"Saya minta semua jajaran hingga camat dan lurah agar berperan aktif mendorong warganya untuk menggunakan hak pilihnya, termasuk camat dan lurah mulai memetakan lokasi yang tepat jika harus memindahkan atau menggeser titik TPS yang tergenang air, yang harus juga dikoordinasikan bersama-sama KPU," kata dia.

Sri menjelaskan saat ini kondisi banjir yang melanda wilayah di Kota Jambi mengakibatkan beberapa titik lokasi TPS digenangi air.

Pemkot Jambi merasa perlu melakukan antisipasi agar kondisi tersebut tidak mengganggu jalannya proses pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Badan Kesbangpol Kota Jambi mencatat terdapat lima kecamatan dan 19 kelurahan yang masuk daftar rawan banjir. Lima kecamatan itu meliputi Kecamatan Pelayangan, Danau Teluk, Danau Sipin, Jambi Timur, Kecamatan Telanai Pura.

Pemkot Jambi memastikan masyarakat dapat mengakses TPS dengan aman dan nyaman.

"Pemkot harus memastikan TPS dapat dijangkau oleh warga, baik informasi dimana titik lokasinya, maupun jalur bagaimana menuju lokasinya," tambah Sri.

Dia juga meminta camat dan lurah melakukan sosialisasi secara masif agar masyarakat menggunakan hak pilihnya, mengingat waktu pemungutan suara tinggal menghitung hari.

Sebelumnya, Sri juga telah memastikan kesiapan proses Pemilu 2024 dengan mendatangi gudang logistik KPU maupun lokasi TPS rawan banjir.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024