Gubernur Jambi Al Haris meresmikan penggunaan repeater GSM di Desa Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi untuk memperlancar komunikasi dengan telepon seluler.

Gubernur Al Haris di Jambi Sabtu mengatakan, perangkat telekomunikasi keberadaannya sangat penting di Muara Emat untuk mempermudah arus komunikasi, karena kawasan itu termasuk rute yang rawan terjadi bencana longsor maka diperlukan jaringan komunikasi.

“Jadi kalau ada kejadian di sini mudah berkoordinasi, kita mudah mendapat informasi, karena daerah ini rawan bencana alam longsor,” katanya.

Tower repeater GSM tersebut jaringannya belum menjangkau seluruh kawasan Muara Emat dan terkait hal itu Gubernur telah menyampaikan bahwa sudah ada komunikasi dengan pihak pengelola PLTA Kerinci dengan Telkomsel untuk segera membangun tower yang jangkauan jaringannya lebih luas.

“Tower itu nantinya dibangun pihak PLTA dan jaringan nanti dipasang Telkomsel dan dirinya berjanji menjembatani kerja sama itu supaya segera dibangun tower di kawasan Muara Emat ini,” kata Al Haris.

Di daerah Muara Emat ini pemerintah segera memiliki PLTA yang merupakan aset negara, termasuk salah satu objek vital yang dijaga oleh Polri dan TNI, tentu butuh pengamanan dan juga daerah ini rawan bencana harus ada telekomunikasi yang lancar di daerah ini.

Sementara itu, Pj Bupati Kerinci Asraf mengatakan, adanya jaringan seluler tersebut tentunya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Muara Emat dan memudahkan warga di sini bisa menggunakan alat komunikasi.

“Kami warga Kerinci sangat berterima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris,” kata Asraf.

Sementara itu Kadis Kominfo Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan bahwa repeater GSM di Muara Emat dibangun 12 Februari lalu dan sudah bisa dioperasikan 1 Maret 2024.

“Cuma untuk saat ini jaringan belum sampai ke pelosok karena ada terkendala jaringan dan langkah kita berkoordinasi dengan PLTA dan Telkomsel akan berkolaborasi membangun jaringan yang jangkauannya lebih luas. PLTA yang bangun tower, Telkomsel bangun jaringan,” katanya.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024