Sebanyak 40 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Batanghari, Jambi mengikuti program pelatihan perbengkelan Enduro Home Service (EHS) yang digelar Pertamina bersama anak perusahaannya PT Pertamina Lubricants (PTPL).

“Kami dari Pertamina Lubricants mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui Program Enduro Home Service di Sumatera salah satunya di Jambi,” kata Corporate Secretary Pertamina Lubricants Rifqi Budi Prasetyo, di Jambi, Senin.

Pertamina Lubricants, anak usaha Subholding Commercial & Trading Pertamina Patra Niaga yang mengelola bisnis pelumas, kembali mengadakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) melalui program Enduro Home Service di sepanjang 2024 dimana kegiatan itu sebagai bagian dari komitmen Pertamina Lubricants untuk memberdayakan SDM unggul di Indonesia.

Rifqi menjelaskan, Enduro Home Service merupakan salah satu program CSR dari PT Pertamina Lubricants yang sejalan dengan program Link & Match industry vokasi dari pemerintah, dimana program ini melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan otomotif atau perbengkelan roda dua di Indonesia.

Program EHS ini diharapkan dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah sekolah yang bekerjasama dengan Pertamina untuk mengembangkan kegiatan wirausaha di sekolah dimana selain membangun jiwa kewirausahaan bagi generasi muda Indonesia juga akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan keterampilan teknis serta pengetahuan produk.  

Di Sumatera, bengkel Enduro Home Service (EHS) telah hadir di Kota Padang, Palembang, Jambi, dan Bengkulu, dengan memberikan kesempatan bagi lebih dari lima SMK untuk berpartisipasi dalam program ini.

Sekolah yang sudah mengikuti program tersebut terdiri dari SMK N 1 Padang, SMK Muhammadiyah 1 Padang, SMK Taman Siswa Palembang, SMK YPT Palembang, SMK Batanghari Jambi dan SMK Budi Mulia Bengkulu telah menyambut program dengan antusias.

Program EHS telah dimulai sejak 2019 di Jambi, menunjukkan komitmen Pertamina Lubricants dalam memajukan pendidikan dan keterampilan teknis di Indonesia.

Pertamina Lubricants terus mengembangkan program ini di seluruh wilayah operasional, termasuk di Sumatera dengan melakukan observasi di masing unit kerja untuk memastikan keberlanjutan program EHS. Program ini telah memberikan manfaat kepada siswa dengan meningkatkan pengetahuan mereka tentang produk dan sistem kepelumasan.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024