Kepala Kantor Perwakilan  Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi Warsono meninjau kegiatan layanan kas keliling yang diadakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Baru, Kota Jambi,.yang menjadi bagian rangkaian kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024.

"Kegiatan layanan kas keliling terpadu yang tersentralisasi oleh Bank Indonesia dan perbankan tahun 2024 dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Baru Jambi merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Serambi 2024," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Warsono di Jambi, Selasa.

Dalam kunjungan itu, Warsono memastikan BI dan perbankan yang bekerjasama dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Warsono yang didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Jambi Mukti Rigowo juga sempat berbincang dengan masyarakat yang antri menukarkan uang di mobil kas keliling.

Sebagai informasi, Serambi merupakan serangkaian program untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah pada periode Ramadhan dan Idul fitri yang memiliki kecenderungan meningkat dibandingkan periode normal, atau bulan biasa. 

Selain didorong peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri serta pertumbuhan ekonomi yang meningkat, adanya tradisi berbagi di bulan suci dan Idul Fitri mendorong juga peningkatan kebutuhan uang tunai. 

Ia menegaskan Bank Indonesia bersama perbankan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki uang layak edar yang digunakan untuk berbagi kepada keluarga dan sesama.

Pada kegiatan Bank Indonesia berkolaborasi dengan 12 bank dalam kegiatan layanan penukaran, yaitu Bank Jambi, Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI, BCA, Maybank, BSI, Bukopin, Bank Panin, Bank Mega, Bank Sinarmas.

Layanan kas keliling terpadu tersebut dilaksanakan pada pekan keempat Maret (25 sampai 28 Maret 2024) dan pekan pertama April (1 sampai 4 April 2024).

Bank Indonesia hadir pada delapan hari ini bersama dengan bank-bank yang jadwal nya bergilir, sehingga dalam satu hari akan terdapat 3 sampai 4 mobil loket yang akan melayani penukaran di GOR tersebut.

Untuk melakukan penukaran melalui layanan terpadu mobil kas keliling, masyarakat agar melakukan input rincian penukaran melalui aplikasi link://pintar.bi.go.id atau dapat dicari di website pada keyword pintar.bi.go.id. Namun masyarakat juga dapat langsung datang ke GOR ini, namun akan tergantung nomor antrian yang tersedia.

Layanan penukaran di GOR ini merupakan upaya langsung Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang terutama uang pecahan kecil periode Ramadhan dan Idul Fitri.
 
Masyarakat menukarkan uang melalui kas keliling di Gor Kota Baru, Kota Jambi, Selasa (26/3/2024). (ANTARA/HO-BI Jambi)

Masyarakat dapat melakukan penukaran di bank masing-masing. Kantor Perwakilan BI Jambi memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024, yaitu mulai 15 Maret sampai dengan 5 April 2024 sebesar Rp2,20 triliun atau meningkat sebesar 9 persen  dari realisasi outflow periode yang sama 2023 yang sebesar Rp2,03 triliun.

Salah satu warga Muaro Jambi Reni Oktavia mengakui terbantu dengan layanan kas keliling BI dan perbankan.

Dia memanfaatkan pendaftaran melalui aplikasi Pintar BI untuk mendapatkan nomor antrian penukaran sehingga lebih cepat.

"Gampang daftar di Pintar BI, antrian juga cepat," kata dia.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024