Wakapolresta Jambi AKBP Ruliandi Yunianto mengimbau kepada warga agar melapor kepada Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Ketua RT saat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran guna menjamin keamanan rumah yang ditinggalkan.

"Silahkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dan lainnya untuk mengimbau dan mendata masyarakat yang mudik dan imbau untuk yang mudik menitipkan rumah kepada ketua RT," kata Wakapolresta Jambi AKBP Ruliandy Yunianto di Jambi, Senin.

Dia mengatakan agar warga berkomunikasi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dan ketua RT setempat untuk memastikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama rumah ditinggal mudik.

Selanjutnya dia meminta Bhabinkamtibmas untuk melaporkan ke setiap Polsek dan Polres mengenai data dan jumlah warga yang mudik. Data itu diperlukan untuk memastikan pengamanan yang harus dilakukan oleh kepolisian.

Kepada para personel yang bertugas di pos pengamanan dan pelayanan Operasi Ketupat 2024 untuk mewaspadai ancaman terorisme.

"Terutama bagi yang piket malam, siapapun yang datang ke pos pengamanan jika membawa barang mencurigakan seperti tas ransel mohon diperiksa terlebih dahulu isi tasnya, izin kepada warga untuk mengecek isi tas pastikan tidak ada barang berbahaya," kata Wakapolresta.

Langkah itu dilakukan untuk memastikan tidak ada ancaman dan gangguan kamtibmas pada Idul Fitri di daerah setempat. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh personel yang bertugas agar menjaga kekompakan an bersinergi dalam rangka mendukung pengamanan masyarakat.

"Personel juga harus menjaga kesehatan," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024