PLN UP3 Jambi menyebutkan sebanyak 80 persen pelanggan sudah normal dan mendapatkan suplai listrik kembali, setelah sehari sebelumnya sempat padam terdampak gangguan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuklinggau-Lahat.

"80 persen dari pelanggan yang padam kemarin itu sudah menyala, kita masih menunggu normal 100 persen untuk pembangkit kita suplai," kata Manager PLN UP3 Jambi Ediwan di Jambi, Rabu.

Ia mengatakan dari total pelanggan di Jambi sebanyak 660 ribu, saat ini 80 persen dari pelanggan sudah mendapatkan distribusi listrik ke rumah-rumah dengan normal.

Pihaknya menunggu kesiapan pembangkit, sehingga ketika ada informasi dari pengatur untuk menambahkan beban pihaknya langsung memasukkan feeder yang tersedia.

Untuk memaksimalkan layanan, PLN juga melakukan manuver jaringan ke lokasi-lokasi yang terjangkau.

"Bahkan upaya kita apabila ada lokasi-lokasi yang bisa kita manuver ke jaringan terdekat yang sudah menyala itu kita langsung manuver memang dengan izin dari pengatur beban," katanya.

Ia mengatakan sampai saat ini, tim terus melakukan perbaikan di lapangan. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pusat pengatur beban.

Ditargetkan hingga siang ini, seluruh pelanggan PLN di Jambi sudah mendapatkan suplai listrik yang normal. Saat ini, kata dia, PLN masih fokus pada upaya penormalan sistem.

"Kalau kami PLN menargetkan seluruh pelanggan sudah dapat jaringan maksimal sampai jam satu siang," kata dia.

Sebagai informasi, sejak Selasa (4/6) sekira pukul 11.00 WIB terjadi gangguan pada saluran udara tegangan ekstra tinggi atau SUTET 275 kV untuk sistem Sumatera.

Gangguan ini mengakibatkan padamnya pembangkit Sumatera Bagian Selatan dan Tengah meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Sumbar.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024