Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi, terus meningkatkan upaya produktivitas komoditas ikan di wilayah kabupaten setempat.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (PPP) Anfardiyus di Muara Bulian, Jumat mengatakan pada 2024 terdapat dua kecamatan di Kabupaten Batanghari yang akan diusulkan ke pemerintah pusat menjadi wilayah usaha pembenihan rakyat (UPR).

"Ya, kita sudah mengusulkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Muara Bulian dan Pemayung untuk dijadikan wilayah UPR," katanya.

Dari delapan kecamatan yang ada di Batanghari, hanya dua yang diusulkan dikarenakan wilayah tersebut merupakan wilayah pusat komoditi ikan di Batanghari.

Tujuan usaha pembenihan rakyat tersebut untuk menghasilkan benih ikan yang baik dan berkualitas dalam meningkatkan produktifitas ikan. 

Sementara itu, pemerintah daerah di tahun ini mengusulkan permintaan empat UPR dan nantinya usulan tersebut akan direalisasikan pada 2025 karena dana yang digunakan nanti bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Untuk itu, dengan langkah tersebut bertujuan agar kelompok budidaya ikan di Batanghari mampu memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memproduksi benih ikan secara mandiri.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024