Gubernur Jambi Al Haris menyatakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) harus dijadikan momentum mewujudkan keluarga yang berkualitas.

"Momen ini kita harapkan dapat dimanfaatkan menjadi daya ungkit dalam pencapaian program pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana, dan percepatan penurunan stunting," kata Gubernur Jambi Al Haris saat peringatan Harganas Provinsi Jambi di Merangin, Kamis.

Haris mengatakan dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas itu, Pemprov Jambi berupaya menurunkan stunting dengan berbagai inovasi.

Dengan upaya yang telah dilakukan, kata dia, Jambi berada di posisi kedua terbaik penanganan stunting di Indonesia.

Angka stunting Jambi pada 2023 sebesar 13,5 persen turun dari tahun sebelumnya sebesar 18 persen.

Dalam momen peringatan Harganas ini, dia
meminta pemerintah kabupaten/kota, swasta dan masyarakat bersinergi dan berkolaborasi meningkatkan kualitas keluarga sebagai unit sosial terkecil.

Penjabat Bupati Merangin Mukti mengatakan Harganas mencerminkan harapan dan tekad untuk terus meningkatkan kualitas keluarga, sebagai bagian dari upaya mencapai kemajuan bangsa.

Keluarga yang berkualitas, kata dia, tidak hanya dilihat dari segi ekonomi atau pendidikan, tetapi juga dari segi kesejahteraan emosional, sosial keluarga yang harmonis dan bahagia.

Sedangkan kesehatan menjadi kunci perkembangan individu dan masyarakat dalam membangun keluarga yang berkualitas, di setiap aspek kehidupan keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Putut Riyatno mengatakan peringatan Harganas mengandung makna keluarga merupakan wadah utama dan pertama untuk menyelamatkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur kepada anggota keluarga, terutama kepada anak-anak sebagai generasi muda.

‘’Melalui momentum peringatan Harganas ini, diharapkan setiap anggota keluarga menyadari betapa pentingnya menjaga kerukunan dan keharmonisan keluarga, guna mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera,’’ kata Putut Riyatno.*

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024