Praktisi kehumasan salah satu perusahaan swasta nasional Emmy Kuswandari meraih penghargaan Kartini Award 2024 yang diselenggarakan PR Indonesia berkat kiprahnya selama 25 tahun dalam berkarya sembari mengedepankan kepedulian sosial terhadap masyarakat.

Emmy meraih penghargaan tersebut untuk kategori swasta yang diserahkan di Graha Pos Indonesia, Bandung, Jumat (30/8), dalam rangkaian acara The 2nd Kartini Humas Indonesia (KaHI) 2024.

Acara puncak KaHI 2024 berlangsung meriah dengan menobatkan 39 perempuan sebagai Kartini Humas Indonesia bersama dengan sembilan Kartini Sahabat Humas Indonesia 2024, dan lima Kartini Sahabat Humas Indonesia Kargo Haji Pos Indonesia 2024.

Ajang ini merupakan bentuk penghargaan bagi para "Kartini" lintas generasi di berbagai sektor, termasuk badan publik, swasta, hingga NGO.

Mengusung tema “Suara Kartini untuk Indonesia Masa Depan”, Humas Indonesia yang merupakan bagian dari PR Indonesia Group, mengajak para perempuan untuk berani menyuarakan opini, aspirasi, dan kontribusi mereka dalam berbagai isu penting seperti diversity, equity, inclusion (DEI), environmental, social, governance (ESG), pendidikan, UKM, teknologi, keberlanjutan, dan kepemimpinan.

Penghargaan Kartini Award ini tidak hanya menilai keahlian Emmy dalam mengelola komunikasi dan strategi PR, tetapi juga menghargai kontribusi nyata dan perannya yang berdampak dalam bidang sosial.

Sebagai bagian dari Yayasan Syair untuk Sahabat, Emmy aktif mendukung anak-anak dengan HIV di Jakarta, menunjukkan kepeduliannya yang mendalam terhadap isu-isu kemanusiaan. Keterlibatannya sebagai relawan di Yayasan Buddha Tzu Chi semakin memperkuat peran sosialnya, dimana ia terus mengasah kepekaan sosialnya dan mempengaruhi banyak kehidupan.

"Pemenang Kartini Award dinilai bukan hanya dari prestasi profesionalnya, tetapi juga dari keunikan dan kerja-kerja sosial yang memberikan dampak nyata bagi lingkungannya. Saya berharap Kartini masa kini, seperti Emmy Kuswandari, dapat menjadi pembawa perubahan positif di lingkungannya dan terus menginspirasi orang lain melalui dedikasi dan kepeduliannya," ujar Asmono Wikan, CEO dan Founder Humas Indonesia.

"Keunikan dan dampak sosial dari kerja-kerja Emmy Kuswandari menjadi faktor utama dalam penilaiannya sebagai pemenang Kartini Award 2024. Dia adalah contoh nyata bagaimana seorang praktisi PR dapat menggabungkan keahliannya dalam komunikasi dengan kepedulian sosial yang mendalam, menciptakan perubahan positif di sekitarnya," tambah Fadilah Astari, Juri Kartini Award 2024.

Proses penjurian Kartini Award 2024 dilakukan secara hibrida selama dua hari, pada tanggal 24-25 April 2024. Sebanyak 55 peserta perempuan dari 32 instansi mengikuti seleksi ketat sebelum akhirnya terpilih 39 pemenang. Proses penjurian melibatkan lima juri berkompeten yang menilai karya para peserta berdasarkan kriteria yang ketat.

Para juri tersebut Asmono Wikan (CEO PR Indonesia Group), Elvera N. Makki (Presiden IABC Indonesia), Dian Amintapratiwi Purwandini (Ketua Tim Strategi Komunikasi LMAN), Fadilah Astari (Communications Strategist Reputasia Strategic Communications Consulting) dan Sari Soegondo (Ketua Umum APPRI).

Para juri tidak hanya mengevaluasi kemampuan teknis dan strategis dalam komunikasi, tetapi juga mempertimbangkan dampak sosial dari kerja-kerja yang dilakukan oleh para peserta. Proses ini bertujuan untuk menemukan sosok-sosok yang mampu melanjutkan perjuangan dan semangat Kartini, dengan memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat.

Selain aktif di bidang PR dan sosial, Emmy juga dikenal sebagai penggiat olahraga yang penuh semangat, dengan sering terlibat dalam kegiatan lari, bersepeda, memancing, dan berkemah bersama komunitas wartawan.

Aktivitas ini bukan hanya mempererat hubungan antara komunitas PR dan media, tetapi juga mencerminkan semangat kolaborasi dan kebersamaan yang ia bawa ke berbagai aspek kehidupan. Kepemimpinannya juga terlihat dari perannya sebagai pengurus di Indonesia Offroad Federation, yang fokus pada pengembangan olahraga off-road di Indonesia.

Pengalaman dan dedikasi Emmy diakui melalui berbagai beasiswa bergengsi yang pernah ia terima diantaranya Haggai Leader Experience (HLE), Hawaii (2019), Investigative Reporting, London, didukung oleh Kedutaan Besar Inggris (2003), Independent Press and Rule of Law, ITD, Amherst Massachusetts, didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat (2000).

Sebelumnya, Emmy telah menerima penghargaan Insan PR Indonesia 2022, menegaskan kembali perannya sebagai sosok yang berpengaruh dalam industri PR dan agen perubahan sosial yang berdedikasi. Kartini Award 2024 ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai teladan dalam komunikasi yang berintegritas dan komitmen sosial.

Kartini Award, yang kini memasuki tahun kedua penyelenggaraannya, ditujukan untuk menghargai para praktisi PR yang tidak hanya unggul dalam keahlian komunikasi, tetapi juga memiliki kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar. Emmy Kuswandari adalah representasi sejati dari semangat ini, menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Penghargaan ini juga menyoroti pentingnya keseimbangan antara karier profesional dan tanggung jawab sosial. Dalam dunia yang semakin kompleks, keberhasilan dalam hubungan masyarakat tidak hanya diukur dari kemampuan teknis, tetapi juga dari dampak positif yang dapat diberikan kepada masyarakat. Emmy Kuswandari, dengan segala kontribusinya, telah menunjukkan bagaimana seorang praktisi PR dapat menjadi agen perubahan yang menginspirasi.

Kartini Award 2024 ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak praktisi PR untuk mengikuti jejak Emmy, menggabungkan keahlian mereka dengan kepedulian sosial yang mendalam, sehingga dapat menciptakan perubahan yang nyata dan berkelanjutan di lingkungannya.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024