Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan rencana kemenangan Ukraina melawan Rusia sudah 90 persen selesai dan siap untuk disampaikan kepada para negara sekutu pada pekan depan.

"Sepanjang hari, kami mengadakan berbagai pertemuan untuk mempersiapkan Rencana Kemenangan Ukraina. Setiap poin diisi dengan substansi nyata berupa militer, politik, diplomatik, dan ekonomi,” kata Zelenskyy dalam pesan video yang dibagikan di X, Selasa.

Tokoh-tokoh kunci untuk setiap bidang, telah dilibatkan, begitu juga dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk Ukraina telah ditetapkan dengan jelas, menurut Zelenksyy.

Langkah tersebut, lanjut Zelenskyy, akan memberikan Ukraina posisi sekuat mungkin untuk mewujudkan perdamaian.

“Untuk setiap langkah, kami memiliki daftar tindakan yang jelas, apa yang sebenarnya dibutuhkan dan apa yang akan memperkuat upaya kami. Tidak ada yang mustahil dalam rencana ini. Lebih dari 90 persen sudah direncanakan,” ucapnya.

Presiden tersebut juga menekankan bahwa paket komprehensif tersebut akan menjamin perkembangan situasi yang tepat tidak hanya bagi Ukraina, tetapi juga bagi semua orang di seluruh dunia yang menghargai hukum internasional.

Adapun pada Mei, China dan Brasil mengajukan proposal untuk perundingan perdamaian dengan partisipasi Rusia dan Ukraina.

Minggu lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menolak proposal tersebut sebagai hal yang merusak.

Sedangkan pejabat Rusia telah menyambut proposal tersebut sebagai sesuatu yang berimbang.

Sumber: Anadolu

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024