Sabtu, 21 Oktober 2017

Panglima TNI sampaikan kuliah umum di Unja

id universitas jambi, berita jambi terkini, unja, Panglima, tni, unja,
 Panglima TNI sampaikan kuliah umum di Unja
Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jambi, Antarajambi.com - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberi kuliah umum dihadapan 7.500 mahasiswa baru serta dihadiri rektor dan dosen Universitas Jambi (Unja) di Gedung Balairung Kampus Pinang Masak Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi, Selasa.

Kuliah umum oleh Panglima TNI bertema "Urgensi bela negara dalam pengenalan kehidupan kampus" itu juga dihadiri Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dan Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal.

Rektor Unja Prof H Johni Najwan mengatakan dalam kuliah umum yang diberikan Panglima TNI, mahasiswa yang hadir sebanyak 7.500 orang khususnya mahasiswa  baru.

"Kita berharap kehadiran Panglima membawa berkah bagi masyarakat Jambi. Dan paparan yang diberikan panglima bertema urgensi bela negara dapat dicerna serta menambah wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru," kata Prof Johni Najwan.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan kuliah umum  Panglima TNI juga sebagai media silaturahim Panglima dengan masyarakat Jambi dan mahasiswa.

"Urgensi bela negara adalah membangun kesadaran antar manusia. Dan diharapkan kuliah umum Panglima dapat menambah kecintaan mahasiswa terhadap tanah air karena mahasiswa lah yang akan meneruskan atau menjalankan perjuangan bangsa," kata gubernur.

Menurut Zola, ancaman negara Indonesia dewasa ini bemacam bentuknya terutama di media sosial, sebab itu sebagai anak bangsa dirinya berharap bisa membela negara. Apalagi siapa saja punya peranan penting dalam bela negara.

"Salah satu bela negara dengan menunjukan kecintaan terhadap negara yakni menulis di media sosial dengan bijak menyatakan bahwa Indonesia itu kaya akan keberagaman serta Indoneaia itu indah, artinya bangga menjadi anak bangsa Indonesia," kata Zola menjelaskan.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam paparannya salah satunya menjelaskan  kesenjangan sosial yang terjadi menyebabkan angka kemiskinan dan tingkat kriminalitas meningkat.

Editor: Ariyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga