Gedung baru ASEAN berkonsep dialog dan harmoni

Gedung baru ASEAN berkonsep dialog dan harmoni

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berjabat tangan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi (kanan) usai meresmikan gedung baru Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam acara peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN menyampaikan bahwa bangunan baru tersebut berkonsep dialog dan harmoni yang merupakan semangat dan budaya dari negara-negara anggota ASEAN.

"Konsep bangunan ini adalah dialog. Dialog merupakan bagian integral dari DNA dan budaya ASEAN. Konsep dialog ini tercermin pada jembatan bangunan sepanjang 41,5 meter yang menghubungkan dua menara gedung baru ASEAN," kata Menlu Retno Marsudi dalam acara peresmian tersebut di Jakarta, Kamis.

Gedung baru ASEAN dibangun di atas lahan seluas 11.369 meter persegi dengan luas bangunan 49.993 meter persegi, memiliki dua menara dengan konstruksi yang dirancang tahan gempa.

Kedua menara di gedung baru itu dihubungkan oleh satu jembatan layang (sky bridge) sepanjang 40,5 meter. Jembatan itu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia untuk kategori jembatan gedung tanpa penyangga dan mendapatkan piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

"Ini merupakan jembatan gedung tanpa penyanggga yang terpanjang di Indonesia. Selain itu, konsep dialog dan harmoni juga bisa dilihat pada gedung lama dan gedung baru ASEAN," ujar Menlu Retno.

Menlu RI menyebutkan bahwa gedung baru Sekretariat ASEAN merupakan gedung yang ramah lingkungan dengan temperatur ruang yang diatur pada 25 derajat celsius.

"Anda tidak akan merasa kedinginan di sini. Jika anda memperhatikan ketika berjalan memasuki gedung, tidak ada pendingin udara di lobi," ungkapnya.

Tersedia 30 ruang pertemuan yang dapat mengakomodasi berbagai pertemuan ASEAN dengan lebih efisien di masa depan. Selain itu, gedung baru tersebut juga menyediakan ruangan khusus bagi utusan masing-masing negara anggota ASEAN.

"Kami berharap gedung baru Sekretariat ASEAN ini tidak hanya sekadar menjadi bangunan, tetapi juga menjadi sumber energi dan inspirasi bagi kerja dan upaya ASEAN di masa depan," ucap Menlu Retno.

Peresmian gedung baru ASEAN itu dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo, yang kemudian secara simbolis menyerahkan gedung baru ASEAN kepada Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi.

Acara peresmian dihadiri juga oleh beberapa menteri Kabinet Kerja, Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Selatan, Duta Besar/Wakil Tetap Negara Anggota ASEAN, Duta Besar Mitra Wicara ASEAN, perwakilan organisasi internasional, dan Kementerian/Lembaga terkait.
Baca juga: Gedung baru Sekretariat ASEAN diresmikan
Baca juga: Negara ASEAN sepakat kerja sama hadapi revolusi industri 4.0
Baca juga: Greenpeace desak ASEAN larang impor limbah dari negara-negara maju
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019