Ketua MPR ajak pemimpin bangsa kedepankan sikap kenegarawanan

Ketua MPR ajak pemimpin bangsa kedepankan sikap kenegarawanan

Ketua MPR Zulkifli Hasan (ketiga kiri) memimpin jalannya Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.

Jakarta (ANTARA) -

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan mengajak seluruh pemimpin bangsa agar mengedepankan sikap kenegarawanan dan mengutamakan persatuan di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

"Kami mendorong segenap pemimpin bangsa untuk memberikan pendidikan politik yang menjunjung tinggi etika," kata dia saat sidang tahunan MPR RI di Gedung MPR RI Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ketua MPR: Visi Indonesia merdeka untuk berdaulat

Dalam sambutan pidatonya, Zulkifli Hasan juga mengucapkan terima kasih kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno atas sikap kenegarawanan yang telah ditunjukkan selama ini.

Selain itu, Zulkifli yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP PAN juga mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Baca juga: Zulkifli Hasan tegaskan peran MPR sebagai rumah kebangsaan

Suksesnya penyelenggaraan pemilu serentak 2019 merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi. Terkait hasil pemilu, masyarakat diajak untuk menerima hasil dengan ikhlas.

"Apapun hasilnya merupakan kemenangan kita bersama sebagai bangsa Indonesia," ujar dia.

Baca juga: Ketua MPR apresiasi tema HUT ke-74 RI, 'SDM Unggul, Indonesia Maju'

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada para penyelenggara pemilu serta petugas keamanan yang meninggal dalam menjalankan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pada sidang tahunan MPR RI tersebut terlihat hadir Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Ke-6 Ri Try Sutrisno.

Selain itu, juga tampak hadir Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin serta calon Wakil Presiden Sandiaga Uno dan para pejabat negara lainnya.
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019