Padang, (ANTARA) - Pemerintah berencana menyambung dan menghubungkan jalur kereta api dari setiap provinsi yang ada di Sumatera sehingga bisa terhubung dari Aceh hingga Lampung.

"Saat ini jalur kereta api antar provinsi di Sumatera masih terpisah dan Kementerian Perhubungan berencana akan menyambung jalur kereta yag ada di Sumatera, " kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro di Padang, Sabtu usai mengikuti kegiatan BUMN hadir untuk negeri.

Terkait rencana ini pihaknya menyambut baik karena akan menyatukan daerah yang ada di Sumatera dan akses kereta menjadi lebih lancar baik angkutan penumpang maupun barang.

Ada banyak potensi di jalur Sumatera yang bisa diangkut dengan kereta api, kata dia.

Ia menyampaikan untuk menyambung jalur tersebut memang butuh waktu akan tetapi sudah mulai dikerjakan seperti di Riau.

Nanti Sumatera akan tersambung dengan jalur kereta api dan kalau untuk jalan dihubungkan dengan tol, katanya.

Terkait pengembangan kereta api di Sumbar pihaknya fokus mengembangkan untuk penunjang pariwisata seperti lokomotif Mak Itam di Sawahlunto.

"Apalagi Sawahlunto sudah masuk kawasan heritage internasional," kata dia.

Sementara untuk jalur kereta api dari Padang menuju Bukittinggi pihaknya sedang menggagas teknologi kapsul karena bisa digunakan untuk jalur yang ada tanjakan.

"Kalau lokomotif biasa memang pakai rel bergerigi tapi itu teknologi lama, dan kami sedang mendiskusikan teknologi baru," ujarnya.
***1***
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019