Akademisi: HUT RI momentum untuk refleksi

Akademisi: HUT RI momentum untuk refleksi

Warga pesisir menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Cilincing, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Purwokerto (ANTARA) - Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia merupakan momentum yang tepat untuk refleksi mengenai sejauh mana cita-cita proklamasi telah terwujud, kata akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Nana Sutikna.

"HUT RI momentum untuk refleksi, menilai kembali, sebagai sebuah bangsa sudah sejauh mana kita mewujudkan cita-cita proklamasi," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Baca juga: Presiden: Keutuhan NKRI jadi yang terpenting

Baca juga: Presiden: Daerah adalah pilar penting NKRI


Dia menyebutkan, salah satu poin penting dalam cita-cita proklamasi adalah mewujudkan kecerdasan bangsa dan juga menyejahterakan seluruh masyarakat.

"Arah pergerakan perjuangan bangsa sesuai dengan apa yang dicita-citakan, negara ini didirikan untuk dapat mewujudkan cita-cita proklamasi, merealisasikan kehidupan rakyat yang sejahtera, adil, makmur dan sentosa," katanya.

Hal tersebut, kata dia, merupakan kunci utama guna terus menjaga kejayaan bangsa Indonesia.

"Dengan demikian akan timbul kesadaran dari semua elemen bangsa untuk terus berbuat yang terbaik untuk negeri ini," katanya.

Dia juga mengatakan, peringatan HUT RI merupakan momentum untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Baca juga: Jokowi: MPR kembangkan terobosan kreatif sosialisasikan Pancasila-NKRI

"Ini merupakan momentum untuk makin memperkuat dan memperkokoh lagi rasa persatuan dan kesatuan juga untuk refleksi mengenai apa yang sudah diperbuat untuk bangsa dan negara," katanya.

Selain itu, dia juga berharap peringatan HUT RI akan menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus menjalankan program dan kebijakan yang pro rakyat.

"Program yang sudah berjalan baik perlu dilanjutkan pada periode mendatang guna makin meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Sebelumnya, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman, Prof. Muhammad Fauzan, mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum untuk memperkuat empat pilar kebangsaan.

"HUT RI momentum untuk memperkuat empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Baca juga: Presiden ingatkan perwira remaja jaga NKRI dan Pancasila

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019