Jakarta (ANTARA) - Penyanyi muda berbakat Nissa Sabyan menghibur sekitar 400 masyarakat Indonesia yang menghadiri pesta rakyat yang diselenggarakan KBRI Amman, Jordania, untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu.

Meskipun cuaca cukup terik, Nissa Sabyan tampil anggun membawakan sejumlah lagu-lagu Gambus bernuansa Islami dan Shalawat Nabi, demikian keterangan tertulis KBRI Amman, Sabtu.

Seluruh WNI yang hadir menyambut hangat dan antusias kehadiran Nissa Sabyan di Amman, dan turut bernyanyi pada sejumlah lagu-lagu hits seperti Ya Maulana dan Labaik Allahuma.

Nissa Sabyan yang baru kali pertama menginjakkan kaki di bumi para nabi itu sangat antusias diberi kesempatan bernyanyi di tengah-tengah masyarakat Indonesia pada momentum peringatan HUT RI.

Lagu-lagu Sabyan Gambus yang sebagian berbahasa Arab sangat populer di kalangan WNI di Jordania, khususnya para pelajar, mahasiswa, dan pekerja migran Indonesia.

KBRI Amman menyelenggarakan acara pesta rakyat dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia yang menyuguhkan berbagai kegiatan hiburan dan kuliner.

Sejumlah perlombaan anak juga diselenggarakan, seperti lomba balap karung dan lomba memindahkan bola.

Sekitar delapan gerai makanan turut memeriahkan acara dengan menyajikan makanan-makanan tradisional, seperti es cendol, pempek, dan mi ayam bakso.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pesta rakyat KBRI Amman merupakan kegiatan yang sangat dinanti-nanti oleh para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Jordania.

Selain menjadi sarana bersilaturahim, pesta rakyat juga menyediakan aneka macam hadiah menarik.

Sejumlah hadiah yang dibagikan KBRI Amman untuk tahun ini antara lain TV, telepon seluler, sepeda, lemari es, microwave, pemanas ruangan, dan lain sebagainya.

Dubes RI untuk Jordania Andy Rachmianto tidak ketinggalan untuk bernyanyi dan berjoget dangdut di tengah kerumunan pengunjung pesta rakyat.
 
Upacara bendera dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI diselenggarakan KBRI Amman, Jordania, Sabtu (17/8/2019). (KBRI Amman)



Sebelum penyelenggaraan pesta rakyat, upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan KBRI Amman pada pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Turut hadir sejumlah duta besar negara-negara ASEAN, Presiden Asosiasi Persahabatan Jordania-Indonesia, serta para pejabat Jordania alumni Lemhanas.

Upacara berjalan dengan khidmat dan dihadiri sekitar 200 warga diaspora Indonesia dari kalangan pekerja migran dan mahasiswa.

Perayaan HUT ke-74 RI yang diselenggarakan KBRI Amman pada tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksanaan upacara bendera dan pesta rakyat dilakukan di luar KBRI Amman sehingga lebih megah dan semarak. Dengan kapasitas tempat yang lebih luas, jumlah WNI yang hadir mengikuti upacara bendera dan pesta rakyat lebih banyak.

Dubes Andy menyampaikan bahwa perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan di luar KBRI Amman merupakan sebuah preseden baru yang positif.

“Pelaksanaan upacara bendera tahun ini sangat berkesan karena dihadiri masyarakat Indonesia dengan jumlah yang lebih besar. Selama ini antusiasme masyarakat Indonesia di Jordania untuk menghadiri upacara peringatan HUT RI sangat tinggi namun terkendala dengan kapasitas KBRI yang terbatas," tutur Dubes Andy.

Pelaksanaan upacara bendera, menurut dubes, sangat penting khususnya untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air para diaspora dan mahasiswa Indonesia di Jordania, termasuk juga bagi pasukan pengibar bendera KBRI Amman.

Baca juga: Warga Indonesia kenakan pakaian adat saat upacara HUT RI di Budapest

Baca juga: Bendera Merah Putih berkibar di Balai Kota San Francisco

Baca juga: Warga Kamboja segala usia akan ikut upacara bendera di KBRI Phnom Penh

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019