Tarian khas Suku Kaili-Sulteng ikut ditarikan peserta SMN Sumut

Tarian khas Suku Kaili-Sulteng ikut ditarikan peserta SMN Sumut

Dua peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sumatera Utara, Steven Berutu dan Mentari Rosalinda Panggabean tampil sebagai juara balap karung yang digelar dalam dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Kota Palu, Sulawsi Tengah. (FOTO ANTARA/ist/Erik)

Medan (ANTARA) - Peserta program pertukaran pelajar yang digagas Kementerian BUMN bertajuk Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sumatera Utara ikut menari dalam tarian Dero, yang menjadi ciri khas Suku Kaili di Sulawesi Tengah.

"Selain mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI dan berbagai lomba, siswa SMN asal Sumatera Utara di sana juga secara
 bersama-sama ikut dalam tarian Dero," kata Kasubag Pengembangan SDM PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV, Turino Januar Budyanto yang dihubungi dari Medan, Minggu.

Dalam kapasitas sebagai pendamping peserta SMN dari Sumut, Turino Januar Budyanto menjelaskan bahwa tarian Dero merupakan salah satu khazanah budaya yang melekat pada Suku Kaili di Sulawesi Tengah. 

Ia menambahkan tarian Dero merupakan tarian silaturahim, atau tarian membangun persaudaraan yang ditandai dengan berpegangan tangan dalam memeragakan tarian tersebut.

SMN 2019 di Sulawesi Tengah, katanya, diikuti oleh 35 siswa yang berasal dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, termasuk dua di antaranya siswa berkebutuhan khusus.

Penanggung jawab program SMN 2019 di Provinsi Sumatera Utara yakni PT PTPN IV,  PT Kawasan Industri Medan (KIM) dan Jasa Tirta I.

Sementara siswa dari Sulawesi Tengah yang berangkat ke Sumatera Utara sebanyak 23 orang ditambah 3 guru pendamping yang dikoordinasikan PT Inalum bersama BGR Logistic.

Turino menambahkan peserta SMN asal Sumatera Utara juga mampu mengukir prestasi di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan tampil sebagai juara lomba balap karung memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74.

"Kedua siswa asal Sumut yang tampil sebagai juara balap karung adalah Steven Berutu dan Mentari Rosalinda Panggabean. Kami selaku pendamping juga turut bahagia atas keberhasilan mereka," katanya.

Ia mengaku kaget dua siswa asal Sumut bisa tampil sebagai juara I balap karung itu di Kota Palu.

Lomba balap larung adalah salah satu lomba yang digelar untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Kota Palu.

Lomba tersebut digelar usai mengikuti Upacara HUT ke- 74 Kemerdekaan RI di Lapangan Madani Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (17/8).

Menurut dia, yang lebih membanggakan para siswa itu bersaing di berbagai lomba bukan hanya dengan sesama siswa, namun juga masyarakat umum lainnya yang turut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Sesajen penyembuhan ala Suku Kaili Sulawesi Tengah

Baca juga: Dero, Tari Perdamaian Poso

Baca juga: Suku Kaili Ledo di Petobo lakukan 'molabe' di momen Idul Fitri

Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019