65 kebakaran terjadi di Banda Aceh sepanjang Agustus 2019

65 kebakaran terjadi di Banda Aceh sepanjang Agustus 2019

Seorang karyawan hotel memadamkan kebakaran saat simulasi penanganan kebakaran di Banda Aceh, Jumat (26/4/2019). Simulasi itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada karyawan hotel dalam tanggap bencana kebakaran di lingkungan hotel. Antara Aceh/Ampelsa

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh mencatat 65 kebakaran terjadi di ibu kota Provinsi Aceh tersebut sepanjang Agustus 2019.

"Dari puluhan kebakaran tersebut, umumnya kebakaran lahan kosong yang ditumbuhi ilalang. " kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran DPKP Kota Banda Aceh Yudi di Banda Aceh, Kamis.

Menurut Yudi, tingginya angka kebakaran sepanjang Agustus 2019 dipengaruhi faktor suhu panas yang melanda Banda Aceh sejak beberapa bulan terakhir. Namun begitu, penyebab kebakaran akibat kesalahan manusia.

Seperti, kata dia, ada lahan kosong dibakar kemudian ditinggal begitu saja. Beberapa saat kemudian, api membesar dan kebakaran meluas.

Selain itu juga ada yang bakar sampah, tetapi tidak dijaga, sehingga api membesar dan membakar bagian lahan kosong yang ditumbuhi ilalang atau semak.

"Kebakaran lahan ilalang yang mendominasi angka kebakaran di Kota Banda Aceh. Kalau kebakaran rumah atau bangunan hanya terjadi beberapa kali," sebut Yudi.

Yudi mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Setiap laporan kebakaran, paling lama direspons kurang dari 15 menit.

Bahkan, petugas pemadam kebakaran berupaya secepatnya tiba di lokasi kebakaran.

Pada kebakaran terakhir di Ruko Darussalam, petugas tiba kurang dari lima menit setelah dilaporkan.

"Namun, ada juga kendala yang kami hadapi seperti akses jalan yang sempit. Tidak ada pemandu ke titik kebakaran yang jauh dari jalan utama," ungkap Yudi.

Termasuk hambatan banyaknya warga menyaksikan kebakaran menyebabkan petugas terhambat membawa alat pemadam, seperti selang dan lainnya.

"Ke depan, kami berharap ada satgas di gampong-gampong yang mengatur masyarakat untuk tidak terlalu dekat dengan titik kebakaran," kata Yudi.

Baca juga: BPBA kerahkan helikopter padamkan kebakaran lahan di Aceh Barat
Baca juga: BMKG: hujan padamkan kebakaran lahan di Aceh
Baca juga: BMKG: Angin kencang pemicu kebakaran cepat meluas di Aceh
Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019