Kapolri sebut personel jaga Manokwari sampai benar-benar kondusif

Kapolri sebut personel jaga Manokwari sampai benar-benar kondusif

Bekas kericuhan di Manokwari, Papua Barat (ANTARA/Dyah Dwi)

Manokwari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan tambahan personel tetap menjaga Manokwari, Papua Barat, sampai situasi keamanan benar-benar kondusif.

"Kita lihat sudah stabil sekarang, secepat mungkin tentunya kita harapkan. Situasi makin kondusif dari hari ke hari," tutur Tito Karnavian di sela kunjungan di Manokwari, Kamis.

Kapolri melakukan kunjungan dengan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Untuk Manokwari, hingga Rabu (21/8), sebanyak 570 personel Brigade Mobil (Brimob) dari tiga kepolisian daerah ditugaskan menjaga situasi keamanan.

Pasukan Brimob yang diperbantukan di Manokwari dari Polda Sulawesi Utara, Polda Maluku dan Polda Sulawesi Tenggara, sebanyak masing-masing 190 personel.

Sedangkan untuk menjaga situasi keamanan di Kota Sorong, jumlah personel Brimob dari Polda Sulawesi Selatan dan Polda Bali yang ditugaskan ada 390 orang.

TNI-Polri bekerja sama dengan pemda setempat dibantu masyarakat telah membersihkan sisa-sisa aksi pembakaran dan perusakan di sejumlah lokasi di Manokwari dan Sorong.

Dari pantauan, masyarakat mulai membuka toko dan melakukan kegiatan ekonomi di Manokwari, meski masih terdapat pertokoan yang tutup tiga hari setelah kericuhan terjadi di ibu kota Papua Barat itu.

Abu dari ban dibakar masih nampak di jalan-jalan Manokwari, kaca-kaca pertokoan pecah serta beberapa gedung terbakar pun terlihat di kota itu.
Pewarta : Dyah Dwi Astuti
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019