Jakarta (ANTARA) - Ralali.com, online marketplace Business-to-Business, menghadirkan inovasi teknologi untuk mendukung ekonomi digital lewat platform Big Agent.

Pendiri dan CEO Ralali.com, Joseph Aditya, mengatakan platform ini adalah komitmen memperkuat ekosistem digital demi menciptakan konektivitas dan inklusivitas.

"Kami ingin membawa platform ini sebagai wadah sumber day amanusia berbasis pekerja lepas melek teknologi, yang mampu menghubungkan jutaan manusia, sehingga pemerataan akses untuk bisnis pun mudah didapat," ujar Joseph dalam konferensi pers "Rise of Digital Enterprise" di Jakarta, Kamis.

Hingga kini sudah ada 300.000 pengguna Big Agent dari 25 provinsi di Indonesia yang didominasi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Padang dan Palembang.

Para pengguna yang disebut Sobat Agent ini terdiri dari orang-orang yang rentang usianya kebanyakan antara 21-25 tahun.

Menurut Joseph, platform tersebut dapat membantu memangkas jarak dan waktu bagi pelaku bisnis. Selain itu, mereka juga bisa memperluas bisnis dan produk pada sasaran yang tepat karena platform ini menghubungkan pelaku bisnis dan pasarnya.

Berdasarkan data Ralali.com, ada ratusan ribu pekerjaan dalam platform tersebut. Tiga layanan pekerjaan yang diberikan Big Agent terhadap pelaku bisnis meliputi surbei pasar (14,29 persen), promosi (74,52 persen) dan akuisisi (4,25 persen).

Menurut Chief Technology Officer Ralali.com, Irwan Suryadi, data-data yang dikumpulkan pengguna Big Agent akan jadi salah satu mesin utama big data yang digarap untuk mengenal konsumen lebih baik serta memetakan pola transaksi pembeli.

Alexander Lukman, Chief Operating Officer Ralali.com, menambahkan pengolahan data itu jadi rujukan tepat sasaran untuk memahami kebutuhan ekosistem digital.

"Kami juga terus memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dengan akses fintech di mana Big Agent terus menghubungkan lebih dari 1500 pelaku usaha dengan partner fintech Ralali.com dengan total nilai pendanaan mencapai Rp18 miliar," tutur Alexander.

Ada empat produk dalam fintech Ralali.com, yakni payment, financing, insurance dan investment yang bisa mendorong kesuksesan ekosistem digital.

Saat ini, Sobat Agent telah melakukan edukasi akses fintech Ralali.com kepada ribuan UMKM Indonesia dalam waktu kurang dari 3 bulan, yang merupakan bagian dari upaya memberdayakan 1 juta UMKM.

 
Baca juga: Ralali.com gandeng BCA dukung target UMKM go online

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019