Standar jalan yang dibangun umurnya 50 tahun jadi tidak bolak-balik perbaiki jalan. Jalan yang baru pakai semen tebal. Apa pun yang lewat sana tidak masalah.
Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Muhammad Rudi optimistis jalan-jalan di Batam menjadi yang terindah di Indonesia, bila pembangunannya selesai menyeluruh di 2025.

"Jalan Batam paling indah di Indonesia," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Sabtu.

Menurut dia, infrastruktur Batam bisa menjadi yang terbaik di Indonesia, karena kota itu dirancang sejak awal, sebelum kota itu berkembang dan ditempati banyak penduduk.

Dengan begitu, pemerintah dapat membangun infrastruktur yang ideal dengan perencanaan pertumbuhan kota ke depan.

"Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, Batam dirancang dulu baru berkembang," kata dia.

Baca juga: Batam bebas jalan rusak 2025

Baca juga: Jalan tol Batam diutamakan untuk industri


Kemudian, pemerintah kota berkomitmen untuk membangun infrastruktur bertaraf internasional, yang bisa dilalui segala jenis kendaraan, tanpa dibatasi.

Hal itu karena Batam adalah kota industri, yang banyak dilalui kendaraan berat setiap saat. "Jalannya berstandar internasional, untuk semua level kendaraan," kata Wali Kota Batam

Ia juga optimistis, jalan yang baru dibangun dapat bertahan hingga 50 tahun, tidak mudah berlubang, karena dibangun dengan perencanaan yang matang.

Jalan dibangun dengan semen beton, dengan ketebalan sesuai kebutuhan konstruksi sehingga tidak mudah rusak.

Wali Kota tidak ingin pemerintah hanya sibuk memperbaiki jalan rusak setiap tahunnya. Baru dua bulan dibangun, jalan langsung berlubang, sehingga membahayakan pengendara kendaraan.

"Standar jalan yang dibangun umurnya 50 tahun jadi tidak bolak-balik perbaiki jalan. Jalan yang baru pakai semen tebal. Apa pun yang lewat sana tidak masalah," kata dia

Pemkot Batam juga berkomitmen kota itu bebas dari jalan rusak pada 2025, seiring selesainya rencana pembenahan jalan di penjuru kota.

Pembenahan jalan dilakukan dengan memperbaiki jalan yang rusak dan pelebaran jalan.*

Baca juga: Jalan sepanjang 1.139 meter dibangun di Galang-Batam melalui TMMD

Baca juga: Pemerintah kaji tol baru di Batam

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019