Jakarta (ANTARA) - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memimpin langsung upacara pelepasan jenazah Presiden RI ke tiga BJ Habibie di kediamannya Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan.

"Seperti kita ketahui bahwa pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB telah meninggal dunia dengan tenang almarhum Prof Dr Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie di RSPAD karena sakit," kata dia saat memimpin upacara penyerahan jenazah kepada negara di Jakarta, Kamis.

Baca juga: BJ Habibie wafat, 600 polisi kawal prosesi pemakaman

Setelah upacara penyerahan selesai, jenazah langsung dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan untuk dimakamkan secara militer.

Pada kesempatan tersebut, Anwar Usman atas nama pemerintah menyampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya BJ Habibie pada usia 83 tahun.

Pada upacara penyerahan jenazah, Thareq Kemal Habibie tampak menjadi perwakilan keluarga untuk menyerahkan secara langsung almarhum kepada pemerintah.

"Saya atas nama keluarga menyerahkan jenazah almarhum Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie kepada pemerintah untuk dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara militer," kata dia.

Baca juga: BJ Habibie wafat- Warga Tanjungpinang kibarkan bendera setengah tiang
Baca juga: BJ Habibie wafat - Kadisdik Bali: Habibie sosok visioner
Baca juga: Prestasi BJ Habibie, PWI Sulut usulkan Habibie tokoh pers Nasional

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019