Denpasar (ANTARA) - Kota Denpasar, Bali meraih penghargaan "Indonesias Most Prosperous City" tingkat Asia Pasific karena berhasil menata infrastruktur perkotaan.

Sekretaris Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra I Made Toya di Denpasar, Sabtu, mengatakan penghargaan tersebut diberikan FIABCI-Asia Pacific International Real Estate Federation saat menggelar Asia Pacific Real Estate Congress 2019 bertemakan "Prospering Cities Through Alignment on Disriptive Technology" di Jakarta.

Ia mengatakan Kota Denpasar sukses meraih penghargaan "Indonesias Most Prosperous City" sebagai kota yang mendapatkan nilai tertinggi berdasarkan analisa City Prosperity Index (CPI) yang dikembangkan UN-Habitat.

Kegiatan yang menghadirkan 200 peserta perwakilan dari negara-negara Asia Pasifik yang terdiri dari pengusaha, akademisi, mahasiswa, birokrat dan tokoh internasional di bidang real estate.

Sekda Rai Iswara yang juga didampingi Humasnya Dewa Gede Rai mengatakan penghargaan diserahkan secara oleh Presiden FIABCI Asia Pacific, Soelaeman Soemawinata di Jakarta pada Jumat (13/9).

"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa kerja keras yang dilakukan jajaran OPD Pemkot Denpasar melalui program pembangunan yang berlandaskan visi Kota Berwawasan Budaya telah memberikan hasil. Namun, hal ini tidak boleh membuat cepat berpuas diri, namun ke depannya harus tetap ada pengembangan dan peningkatan untuk pembangunan kota yang berkelanjutan" katanya.

Baca juga: Denpasar masuk daftar Kota Sehat peringkat ketiga se-Asia Tenggara

Sekda Rai Iswara bersyukur atas penghargaan yang diberikan dari FIABCI-Asia Pacific International Real Estate Federation kategori "Indonesias Most Prosperous City" kepada Kota Denpasar.

Langkah ini merupakan wujud telah diakuinya derap program pembangunan serta inovasi pelayanan yang selalu digencarkan Pemkot Denpasar untuk kesejahteraan masyarakat berdasarkan slogan "Sewaka Dharma" (Melayani adalah Kewajiban).

Sementara itu, Presiden FIABCI Asia Pacific, Soelaeman Soemawinata mengatakan bahwa diberikan penghargaan Indonesias Most Prosperous City pada Asia Pacific Real Estate Conference 2019 kepada Kota Denpasar didasarkan pada penilaian sejumlah bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kota Denpasar dinilai telah memenuhi berbagai persyaratan di antaranya di bidang ekonomi/produktivitas, pengembangan infrastruktur, kualitas hidup, inklusi sosial, kualitas lingkungan, sosial budaya, dan tata kelola pemerintahan (good government)," ujarnya.

Ia mengatakan, riset mengenai kelayakan Kota Denpasar meraih penghargaan ini telah dilaksanakan selama tiga bulan lamanya dengan mengikuti metode penilaian dari City Prosperity Index (CPI), UN Habitat, telah dilakukan seleksi ketat terhadap 21 kota besar di seluruh Indonesia dan Kota Denpasar mendapatkan poin 60.2 dan meraih peringkat pertama.

Baca juga: PKK Kota Denpasar sabet juara "Lomba Gembira"
Baca juga: ISI Denpasar juarai Festival Film Surabaya 2019




 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019