Jakarta (ANTARA) - Kelompok massa dari Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) berunjuk rasa mendukung pemerintah segera melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih.

Baca juga: UU KPK jamin Dewas independen

Ratusan pengunjuk rasa itu menyampaikan aspirasi dan orasi di depan Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Pendemo juga mendukung lima pimpinan terpilih periode 2019-2023 serta mengapresiasi pengesahan revisi Undang-Undang KPK.

"Kita mengapresiasi keputusan DPR RI yang telah mengesahkan RUU KPK menjadi UU KPK. kami sangat mendukung UU KPK yang sudah disahkan," kata Koordinator aksi Mat Peci.

Baca juga: UU KPK jamin Dewas independen

Dia menyebut aksi ini sebagai bentuk penyaluran aspirasi masyarakat Indonesia agar pemberantasan korupsi dapat dilaksanakan secara lebih optimal.

Adapun tuntutan yang disuarakan para pengunjuk rasa, yakni meminta Presiden Jokowi segera melantik pimpinan KPK terpilih periode 2019-2023, mendesak pimpinan KPK Saut Situmorang dan pegawai yang mundur untuk segera meninggalkan Gedung KPK, serta mengapresiasi DPR RI karena telah mengesahkan revisi UU KPK.

Baca juga: Pimpinan KPK bentuk tim transisi analisis materi revisi UU KPK

Pada saat yang bersamaan, di depan gedung KPK juga ada kelompok berbeda menyampaikan aspirasi menolak pimpinan terpilih.

Kedua kelompok tersebut dipisah dengan barikade yang dibuat oleh aparat kepolisian.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2019