APRIL Group tangani 697 korban asap Riau

APRIL Group tangani  697 korban asap Riau

Posko kesehatan peduli asap dikelola APRIL Group di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau (int)

Kota Pekanbaru (ANTARA) -  Posko kesehatan peduli asap dikelola APRIL Group di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, telah menangani 697 korban terpapar asap DI Riau yang melanda daerah itu sejak dua bulan terakhir.

Korban asap yang mendatangi posko pelayanan kesehatan APRIL sejak dibuka pada Senin (16/9) rata-rata menerima pasien per hari 100 orang dengan keluhan sesak napas, batuk, pilek, pusing hingga mual," kata Viola Azzahra, dokter siaga di posko itu dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, pasien yang paling parah ditangani posko adalah mengalami asma dan tetap menjalani perawatan intensif sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit.Sabtu.

Ia menyebutkan, pasien yang mendatangi posko adalah kalangan anak-anak, dewasa, maupun ibu hamil sedangkan bantuan yang diberikan juga pemberian oksigen dan obat-obatan.

Baca juga: Posko pengungsian PKS rawat inap 204 korban kabut asap Riau

"Penanganan dan perawatan korban asap ditangani tiga petugas yang terdiri atas seorang dokter, perawat, dan relawan. Tim ini bertugas sejak pukul 08.00 hingga 17.00 setiap hari," katanya.

Selain posko di Jalan Sudirman, APRIL Group juga membuka satu posko lainnya di Lapangan MTQ dan satu mobil layanan kesehatan yang berkeliling Pekanbaru. Semua posko dioperasionalkan oleh tenaga medis dengan fasilitas obat-obatan dan oksigen.

Posko Kesehatan Peduli Asap ini akan beroperasi hingga bencana kabut asap mereda. Pada kabut asap 2015 lalu, APRIL Group juga membuka posko layanan kesehatan serupa untuk masyarakat.

"Yang pasti posko ini untuk masyakarat, sebagai bentuk kepedulian kami atas bencana yang melanda." ujar Sumia Arsita Sari, perawat yang siaga di Posko.

Baca juga: Baznas Riau buka ruang ramah asap layani korban karhutla
Baca juga: PKS serukan mobilisasi bantuan korban terdampak asap Karhutla


 
Pewarta : Frislidia
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019