Angkat "local champions", Astra kembali gelar Satu Indonesia Awards

Angkat

Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Kamis (3/10/2019). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk. (Astra) kembali menggelar acara penganugerahan kepada generasi muda yang menjadi andalan lokal atau local champions karena telah berkontribusi positif kepada masyarakat di wilayahnya yakni Satu Indonesia Awards yang pada 2019 memasuki tahun ke-10.

"Penghargaan ini untuk enam orang mewakili enam kategori yang terdiri atas kesehatan, lingkungan, pendidikan, kewirausahaan, teknologi plus kelompok. Rata-rata usia peserta Satu Indonesia Awards ini harus di bawah 35 tahun, memiliki program-program yang orisinal dan sama sekali belum mendapatkan penghargaan," ujar Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto di Jakarta, Kamis.

Boy menjelaskan Astra mencari para pemuda yang belum pernah menerima penghargaan ini agar Astra dapat mengangkat mereka dan bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lain di Indonesia.

Uniknya para peserta Satu Indonesia Awards ini juga tidak tahu menahu siapa yang mendaftarkan diri mereka ke dalam program Satu Indonesia Awards karena mereka selama ini lebih memilih bekerja dan membaktikan diri tanpa perlu mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

Penghargaan ini memang untuk anak-anak muda sesuai dengan momentumnya yakni Sumpah Pemuda, di mana saat Astra pertama kali menyelenggarakan Satu Indonesia Awards pertama kali momentum Sumpah Pemuda digunakan oleh Astra untuk mencari anak-anak muda yang akan menjadi penerus bangsa ini.

Baca juga: Bappenas-UNDP ajak kaum muda bangun SDA kelautan berkelanjutan

Dari 8.600 pendaftar, terdapat proses seleksi dan proses penilaian melalui para juri hingga melakukan verifikasi langsung ke lapangan kemudian Astra mengundang mereka untuk mempresentasikan programnya.

Setelah 5 bulan melakukan penjaringan terhadap anak-anak muda Indonesia yang telah berkontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya, dewan juri 10th SATU Indonesia Awards 2019 akhirnya menetapkan 14 peserta finalis melalui seleksi ketat. Para finalis tersebut akan mengikuti puncak acara Satu Indonesia Awards pada Jumat (4/10) yang akan dilaksanakan pada Awarding Night dalam gelaran IdeaFest 2019 bertema “Age of Pride.”

"Para penerima Satu Indonesia Awards selama ini selain mendapatkan dana bantuan kegiatan dari Astra juga menerima pembinaan kegiatan. Para peraih Satu Indonesia Awards ini merupakan andalan atau local champions di wilayahnya serta mereka diintegrasikan dengan program Kampung Bersih Astra, di mana saat ini sudah terdapat 81 kampung bersih Astra serta 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi, jadi mereka dikolaborasikan karena mereka adalah local champions yang akan membangun masyarakat di daerahnya masing-masing," kata Boy.

Dan kegiatan mereka untuk membangun masyarakatnya itu harus berkelanjutan, Astra akan melakukan evaluasi selama enam bulan sekali ke Kampung Bersih Astra dan Desa Sejahtera Astra serta memberikan rating penilaian.

"Kegiatan dari local champions penerima Satu Indonesia Award itu memberikan perubahan positif yang nyata bagi masyarakat di wilayahnya, contohnya Trisno penerima penghargaan tahun 2016 untuk kategori Lingkungan yang berhasil mengubah citra desanya menjadi sangat positif di mana desanya tersebut berhasil menjadi Desa Penari dan menjadi salah satu destinasi wisata di wilayah Semarang," ujar Head of Corporate Communications tersebut.

Dia juga menambahkan bahwa ini merupakan tugas bersama untuk bisa mengangkat mereka, menjadikan para local champions tersebut sebagai inspirasi agar mereka bisa menularkan virus-virus positif kepada seluruh generasi muda di Tanah Air.

Boy berharap Satu Indonesia Awards ini harus menjadi gerakan besar masyarakat Indonesia, terutama para generasi mudanya dan menjadi inspirasi yang memberikan semangat kepada mereka untuk bisa menggerakkan dan memberdayakan desanya untuk bisa maju. Bayangkan kalau semua anak-anak muda ini bisa menggerakkan desa-desa di seluruh Indonesia maka Indonesia akan lebih cepat majunya dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.
Baca juga: Astra bina 350 SMK di Jawa Barat agar sesuai kebutuhan industri
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019