Ramallah, Palestina (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Malki pada Kamis (3/10) mendesak pelapor khusus PBB agar mengungkap kejahatan Israel yang dilakukan terhadap rakyat Palestina di wilayah pendudukan.

Permintaan itu berkaitan dengan penyiksaan parah yang dialami tahanan Palestina Samer Arbeed, yang nyaris kehilangan nyawanya.

Baca juga: Kemlu Palestina kutuk kebungkaman dunia mengenai kejahatan Israel

Malki mengirim surat kepada Pelapor Khusus mengenai Penyiksaan, Pelapor Khusus mengenai Hak Kesehatan, Kelompok Kerja mengenai Penahanan Sewenang-wenang, Pelapor Khusus mengenai Kehakiman dan Pelapor Khusus mengenai Kondisi Hak Asasi Manusia di Wilayah Palestina yang Diduduki. Menteri Palestina itu juga memberi penjelasan kepada mereka mengenai penderitaan Samer Arbeed, yang tergeletak di rumah sakit antara hidup dan mati akibat penyiksaan dan upaya untuk membunuhnya, yang melucuti hak hidupnya secara sewenang-sewenang.

Baca juga: Turki: penutupan tempat suci Yerusalem "kejahatan terhadap kemanusiaan"

Malki menyeru semua pelapor khusus tersebut agar mengungkap kejahatan Israel dan menemukan mekanisme untuk meminta pertanggung-jawab orang Israel yang menyiksa Arbeed, demikian laporan Kantor Berita Palestina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat. Arbeed disiksa dalam tindakan yang terkoordinasi dan disahkan oleh pemerintah serta pengadilan Yahudi.

Baca juga: LA sambut laporan PBB yang tuduh Israel lakukan kejahatan perang

Ia menekankan bahwa kementeriannya telah mengadakan kontak sejak hari pertama penangkapan Arbeed dengan semua lambaga PBB dan internasional, termasuk Komite Palang Merah Internasional, guna menuntut campur tangan untuk melindungi Arbeed dan semua organisasi hak asasi manusia dan sipil, seperti Addameer dan organisasi lain non-pemerintah yang menjadi sasaran pasukan pendudukan Israel.

Sumber: WAFA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019