Pertamina berencana bangun SPBU regular di JTTS

Pertamina berencana bangun SPBU regular di JTTS

Petugas SPBU modular tengah melayani konsumen di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) berencana membangun sejumlah SPBU regular di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni Lampung-Kayu Agung Sumatera Selatan untuk menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).

"Pada arus mudik Idul Fitri lalu, kami telah menyiapkan sekitar sembilan SPBU yang sifatnya masih modular di sepanjang ruas tol Bakauheni-Kayu Agung," kata General Manager Marketing Region II Pertamina, Primarini, di Lampung Selatan, Selasa.

Menurut dia, untuk persiapan ke depan, ada satu SPBU yang hampir rampung pembangunannya sehingga nantinya sudah bisa beroperasi secara regular yang berada di KM 215 B atau di wilayah Tulang Bawang, Lampung.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan sejumlah SPBU lainnya memang masih bersifat modular dan perlu bersinergi dengan BUMN lainnya, khususnya BUMN pengelola jalan tol, untuk ketersediaan lahannya.

"Ini memang perlu bersinergi dengan BUMN yang lain, seperti Hutama Karya, Wijaya Karya untuk ketersediaan lahannya, kebetulan yang sudah siap di KM 215 B," ujar Primarini.

Ia menambahkan, Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Lampung dan Sumatera Selatan rencananya dalam waktu tidak lama lagi akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Kami siap menjamin kebutuhan BBM di sepanjang ruas tol itu untuk melayani kebutuhan bahan bakar pengguna jalan tol tersebut," ujarhnya.

Sementara itu, peresmian JTTS ruas Terbanggi Besar, Lampung- Kayu Agung, Sumatera Selatan dijadwalkan mundur.

Rencananya Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan JTTS tersebut pada 10 Oktober 2019, namun diperkirakan mundur usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berlangsung 20 Oktober 2019.
Baca juga: Konstruksi Tol Terbanggi-Kayu Agung selesai, siap diresmikan Jokowi
Baca juga: Ruas Kayuagung-Palembang siap operasional Oktober 2019
Baca juga: Menteri BUMN sebut Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung selesai September

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019