Ini juga sekaligus bentuk pengakuan pihak luar atas komitmen Petrokimia Gresik dalam memberikan perlindungan kepada konsumen melalui produk dan pelayanan berkualitas
Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - PT Petrokimia Gresik yang merupakan anggota holding PT Pupuk Indonesia, menerima penghargaan dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) berupa anugerah Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) kategori Platinum.

Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik, Meinu Sadariyo dalam siaran persnya yang diterima di Gresik, Kamis mengatakan penghargaan ini adalah hasil upaya komitmen perusahaan dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap konsumen.

"Perusahaan menerapkan sejumlah Sistem Manajemen untuk memberikan jaminan mutu produk yang dipasarkan ke konsumen. Di antaranya adalah Standar Nasional Indonesia (SNI), International Fertilizer Association (IFA) Protect & Sustain Product Stewardship," katanya.

Selain itu, penghargaan ini juga hasil dari Program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik untuk menjadi pemimpin pasar dan pemain dominan di sektor pupuk, non-pupuk, dan pelayanan lainnya untuk solusi agroindustri.

"Ini juga sekaligus bentuk pengakuan pihak luar atas komitmen Petrokimia Gresik dalam memberikan perlindungan kepada konsumen melalui produk dan pelayanan berkualitas," kata Meinu.

Ketua BPKN Ardiansyah Parman mengatakan penganugerahan ini merupakan salah satu bagian dari upaya membangun kepercayaan konsumen dalam bertransaksi barang maupun jasa yang selanjutnya akan meningkatkan perekonomian negara.

Menurut dia, negara maju seperti Amerika Serikat dan China serta di sejumlah negara Eropa telah menggunakan isu melindungi konsumen dan perdagangan untuk menjaga ekonomi.

"Perlindungan konsumen dapat menjadi arus utama langkah pembangunan di sektor dan wilayah dimana membangun percaya pasar dalam bertransaksi menjadi tujuan bersama seluruh stakeholders pembangunan," katanya.

Penilaian Raksa Nugraha menggunakan model bisnis kinerja unggul Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) dengan pendekatan pemeringkatan.

Terdapat juga kuesioner sebagai instrumen penilaian yang disusun berdasarkan pendekatan MBNQA dan dilakukan penilaian atau kriteria dengan konsep ADLl (Approach, Deployment, Learning, Integration). Penilaian ini akan menempatkan pelaku usaha yang dinilai masuk dalam kelompok peringkat Diamond, Platinum, Gold, Silver dan Bronze.

Baca juga: Petrokimia Gresik siapkan 787.280 ton pupuk hadapi MT Oktober-Maret

Baca juga: Petrokimia Gresik ajak generasi milenal bertani

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019